Islamikah Etika Politik Hizbut Tahrir ?

Dibawah ini kami tampilkan dua buah tulisan yang mencerminkan bagaimana cara-cara Hizbut Tahrir dalam menapaki dunia politik nya, tampak disana bagaimana sikapnya terhadap kelompok politik lain dan bagaimana cara mereka berkelit ketika terpojok yang pada akhirnya memunculkan polemik atas sikapnya terhadap pemilu, yang awalnya menolak tegas namun ketika dikejar oleh pemerintah menjadi mengendur dan memperbolehkan.

Mari kita simak bersama artikel berikut :

1. HTI Ternyata Tak Golput

Adanya rumor santer selama ini yang mengatakan bahwa para pemimpin Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menganjurkan massanya untuk tidak memilih dalam pemilu 2009 alias golput ternyata tidak benar. Rumor tersebut dibantah salah seorang petinggi DPP-HTI, M. Wahiduddin.

Kepada Suara Islam On line yang menemuinya seusai dialog antara pimpinan Komisi Peilihan Umum (KPU) dengan para tokoh Agama di Hotel Nikko, Jakarta (26/2), Wahid menegaskan HTI tidak pernah menganjurkan massanya untuk menjadi golput, tetapi justru menganjurkan untuk memilih dalam pemilu nanti.

“HTI tidak pernah menganjurkan golput. HTI membebaskan massa dan simpatisannya untuk memilih partai manapun sesuai dengan aspirasi politiknya. HTI tidak pernah menginstruksikan anggotanya untuk memilih partai tertentu alias netral dalam pemilu,” ujar Wahid.

Keberadaan organisasi Islam internasional yang dikenal anti demokrasi alias anti parlemen ini memang selalu dicurigai sebagai biang golput. Namun kehadiran Wahidudin sebagai wakil DPP-HTI dalam sosialisasi untuk mensukseskan pemilu itu kiranya menghilangkan kecurigaan tersebut. Ini nampak dari pernyataan Anggota KPU Endang Sulastri yang mengawali sosialisasi itu sebelum Ketua KPU yang antara lain menyebut bahwa salah satu alasan golput adalah demokrasi tidak sesuai dengan ajaran agama.

Sosialisasi Pemilu kepada para tokoh agama yang pertama kali dilakukan oleh KPU itu dipimpin langsung oleh Ketua KPU Abdul Hafizh Anshari dan dihadiri oleh para tokoh antara lain Aisyah Amini (MUI), Muhammad Al Khaththath Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Ramlan Marjoned (DDII), Agusdin (KISDI), Abdus Somad Ngile (Al Irsyad), Fikri Bareno (Al Ittihadiyah), dan Masdar Mas’udi dari PBNU. Juga hadir tokoh-tokoh agama dari PGI, Matakin, dan lain-lain. (lim/mj/www.suara-islam.com)

2. HTI Fitnah PKS

SYARI’AT ISLAM TANPA TABAYYUN, APAKAH ADA?

Apabila seseorang yang cinta syari’ah dan Islam, maka orang tersebut akan mendahulukan bertabayyun sebelum mengeluarkan berita beraroma fitnah kepada publik. Hal ini terkait dengan artikel yang termuat dalam buletin Al-Islam edisi 356, 23 Mei 2007. Mungkin kasus dana DKP bagi sebagian pihak sudah cukup ‘usang’, namun kebenaran kapanpun harus diungkap agar fitnah menjadi hancur. Buletin Al-Islam, yang merupakan salah satu produk utama HTI, disalah satu paragrafnya menyebutkan sebagai berikut:

“… Bahkan tim sukses pasangan calon terpilih SBY-JK juga mendapatkan aliran dana sebesar Rp225 juta. ICW juga mencatat bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun mendapatkan dana sejumlah Rp 300 juta….”

Berikut ini saya petikkan sebagian dari tanggapan Presiden PKS yang dilansir http://www.pk-sejahtera.org (Kamis, 24 Mei 2007 ) terkait dengan tuduhan HTI diatas;

“ … PK-Sejahtera Online: JAKARTA—Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ir H Tifatul Sembiring menegaskan tidak pernah menerima dana bantuan dari Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia(DKP RI). Hal tersebut diungkapkannya menanggapi adanya tudingan beberapa partai politik yang menerima dana non bujeter DKP. “PKS tidak pernah menerima dana DKP,” tegas Tifatul di Jakarta, Kamis (24/5).

Mengenai Fachry Hamzah yang disebut-sebut oleh Sekjen Rokhmin menerima dana DKP, mengklarifikasi bahwa yayasannya yang bergerak di bidang riset disumbang oleh Rokhmin karena sering konsultasi dengan Fachry dan memberikan tugas-tugas penyusunan konsep.

Mantan Presiden PKS DR Hidayat Nur Wahid menyatakan tidak ada dana dari DKP masuk ke rekening Bendahara PKS dan hal ini telah diaudit oleh KPU. Sementara Pak Suswono secara pribadi pernah meminjam uang kepada Rokhmin sebesar Rp. 100 juta dan pinjaman itu sudah dilunasi kembali, anehnya catatan sekretaris Rokhmin tidak mencatat pengembalian itu.

Hasil Tim Investigasi yang dibentuk PKS sementara menyimpulkan bahwa beberapa pribadi yang menjadi pengurus yayasan, yang mengelola kelompok tani, nelayan dan mengadakan acara-acara baksos pernah mengajukan proposal (secara perseorangan) yang mungkin diidentifikasi sebagai kader PKS, mereka disumbang Rokhmin. Ada yang menyatakan, waktu disumbang tidak etis menanyakan sumber dana. Catatan sekretaris DKP tidak jelas keakuratannya. Jadi harus ditegaskan dengan gamblang dan dibuktikan di pengadilan kebenarannya…. ”

Berita yang di lansir http://www.detik.com tanggal 20/05/2007 14:31 WIB dengan judul “PKS Juga Bantah Terima Dana DKP” disebutkan sebagai berikut:

“ …Secara institusi PKS tidak terlibat,” kata Ketua DPP PKS Bidang Ekuintek Dr. Shohibul Iman usai peringatan Milad Pks di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Minggu (20/5/2007).

Shohibul menjelaskan dana DKP yang diterima oleh kader PKS sifatnya uang bantuan Idul Adha dan bersifat pinjaman. Ketika dipinjam oleh kader PKS, dana itu dicatat oleh pihak DKP. Namun ketika dikembalikan tidak dicatat. Kader PKS tersebut mempunyai bukti kwitansi mengenai pengembalian pinjaman tersebut. …”

Dan berikut ini adalah petikan dari Surat Klarifikasi Fahri Hamzah Ke Badan Kehormatan DPR yang dilansir oleh situs http://www.fpks-dpr.or.id Kamis, 07/06/2007);

“… Setelah saya pelajari surat dan seluruh berkas yang dilampirkan, termasuk BAP Rokhmin Dahuri yang dibuat KPK, ternyata ICW melakukan kesalahan karena menyebut saya sebagai salah satu dari 5 (lima) anggota DPR-RI penerima dana DKP (sesuai lampiran tanpa nomor halaman). Di sana disebutkan bahwa saya telah menerima dana sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) pada tanggal 8 Februari 2004 dan 9 Juni 2004. Hal tersebut yang dijadikan dasar bagi ICW untuk melaporkan saya kepada Badan Kehormatan DPR-RI karena dianggap telah melanggar Peraturan Tata Tertib DPR-RI pasal 59 ayat (1) dan Pasal 11 Kode Etik DPR RI.

Sehubungan dengan hal-hal tersebut diatas, saya merasa keberatan dan melakukan klarifikasi sebagai berikut:
1. Saya tidak melanggar Peraturan Tata Tertib DPR-RI dikarenakan pada saat itu saya bukan Anggota DPR-RI. Saya baru menjadi anggota DPR-RI sejak tanggal 23 September 2004 sesuai dengan Keputusan Presiden RI nomor 137/M tahun 2004 dan pelantikan saya dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2004. Jadi jelas telah terjadi kekeliruan yang sangat fatal yang dilakukan oleh ICW terhadap saya.
2. Oleh karena itu, saya mohon agar kiranya Badan Kehormatan segera membuat surat klarifikasi kepada ICW mengenai hal tersebut, guna menjaga kewibawaan institusi DPR RI umumnya dan khususnya saya selaku pihak yang dirugikan. …”

..

Semoga ‘kelompok’ yang selama ini lantang menyuarakan jargon syariah dan khilafah (tentu ini sesuatu yang baik) merasa cukup dengan beberapa kutipan penjelasan ini, dan tidak lagi menjadi harokah yang ikut-ikutan latah menebar fitnah (untuk mendapatkan keuntungan tertentu? mudah-mudahan tidak. Amiin)

Saya tidak sepakat jika Sdr. Muhammad Lazuardi (yang saya hubungi via telp di alamat: Hizbut Tahrir Indonesia Gedung Anakida Lt.7, Jl.Prof.Soepomo No.27 Tebet Jakarta Selatan Telp/Fax: 021-8312111, E-mail: info@hizbut-tahrir.or.id ), jika penulisan artikel bernada ‘tendensius’ itu dikatakan sebagai ‘nasehat’ (jika memang benar adanya). Terus kalo berita itu salah?? Harus dinamakan apa selain dari kata ‘fitnah’?

Apalagi artikel tersebut sudah tersebar melalui masjid-masjid yang didalamnya datang manusia untuk sujud kepada Allah. Apakah saat ini masjid sudah menjadi sarana HTI untuk menebar propaganda dan fitnah? Yang saya yakin pasti akan memunculkan dengki dan mata-rantai fitnah (sekali lagi, mudah-mudahan tidak). Dan lebih parah lagi? Artikel tersebut tidak memenuhi kode etik jurnalistik yang harus mengedepankan ‘klarifikasi’ pihak-pihak yang sangat mungkin dirugikan akibat pemuatan artikel tersebut. Media ‘kafir’ saja paham etika jurnalistik, ee.. harokah yang jargonnya syari’ah dan khilafah ko’ menginjak-injak Islam itu sendiri dengan cara mengesampingkan tabayyun atau klarifikasi. Bukankah tabayyun bagian dari tata nilai dan syari’at Islam?

Pertanyaan besarnya adalah, Apa tanggung jawab HTI kepada kaum muslimin untuk membersihkan fitnah ini dan mengakui kesalahan terhadap apa yang ditulis dalam artikel? Apakah akan diulas kembali dengan mencantumkan permohonan maaf kepada kaum muslimin yang sudah teracuni tulisan dalam buletin Al-Islam tersebut melalui media yang sama? Ditunggu aksi dan nyali HTI untuk berani mengakui kesalahan kepada umat ini. (http://rhisy.blogsome.com/2007/06/29/hti-fitnah-pks/)

About these ads

222 responses to “Islamikah Etika Politik Hizbut Tahrir ?

  1. Bukan yg pertama & pasti bukan yg terakhir ^_^

    • wah wah..bocah tua nakal komen disini

      • junaedi putra

        ada komentar yg sedikit cerdas gak? kebiasaan buruk itu tolong tinggalkan sejenak. bisa gak?
        atau udah mendarah daging ya?

      • abu kubra R

        kalo cerdas hadapi scara baik2 dengan FAce to Face..yg dikritik sama yg mengkritik..ini hanya saran lho ^_^

      • @ abu kubro : Tinggal bagaimana antum bisa menyuguhkan DALIL dan HUJJAH yang kuat di setiap topik yang ada. Afwan Jiddan, ana sih kurang percaya antum bisa.

      • ckckckck..baca lagi komen sy yg kedua..siapa yg berurusan dengan siapa..siapa yg mengkritik siapa yg dikritik maka dari itu kopdar face to face yg mengkritik dan yg dikritik alamat yg dikritik udah jelas kok, dateng aja ke sana, itu kalo ngaku cerdas…bukan disini..ini hanya saran lho buat bocah tua nakal dan para pengkritik…. ^_^

      • sory lur..abu kubro kubro kubra itu sy hehe.. ^_^

  2. de javu :)

  3. loh mana ulasan dr pengelola? harusnya tulisan di atas di ulas dong

  4. Alhakim Bagus Panuntun

    jangan terlalu fanatik dalam berorganisasi….
    jangan taklid buta… cari bukti, benar atau salah?, cari sumber. dll
    jangan saling menjatuhkan…
    selidiki pembuat berita…
    selidiki pembuat blog page ini…
    hati-hati terhadap musuh Allah (mengadu domba antara umat)…
    yang penting perbaiki akhlaq kita, perdalam ilmu kita, bersatu dalam ukhuwah islamiyah membangkitkan kejayaan Islam, tegakkan agama Allah, lanjutkan dakwah, bentengi diri, jangan termakan isu, dan tetap istiqomah menegakkan dan membela agama Allah….

    HATI-HATI TERHADAP MUSUH ALLAH YANG MENCOBA MENGADU DOMBA…….

  5. @ alhakim
    anda juga hati2 jika mengatakan musuh Allah

  6. He..he…yang punya blog kayaknya harus buat komunitas satu lagi…..KOMPENG alias komunitas pengangguran alias gak puya kerjaan…hi..hi…hi…

  7. Yang Punya Blog ini sepertinya Antek Yahudi

  8. Sama sekali tidak penting dan tidak menarik..setau saya, jika kita sudah nyemplung dalam sistem kufur (politik praktis) sedikit atau banyak pasti akan ikut terjerumus kedalam kemaksiatan. siapa yg benar antara ICW, PKS atau Pengelola blog ini pun, tidak ada yang tau..Bukti dan Fakta sekarang mudah diputar balikan…jika pengelola blog ini salah, maka ini juga akan menjadi FITNAH yang keji…biarlah berita2 itu umat yang menilai..jika saling menyalahkan seperti ini, jelas keliru..dan saya RAGU sekali, apakah pengelola Blog Ini orang BERIMAN atau BUKAN, karena dari isi nya hanya mencari kesalahan saja. Mereka ini mungkin ingin menghancurkan persatuan umat, saya khawatir mereka ini adalah pesuruh dari segelintir pihak yang tidak bertanggungjawab yg punya kepentingan besar..ada yang setuju dengan saya?

    • sy se7 mas abdul, sy jadi curiga1 KTNY MENGANJURKAN tabayun KOK MALAH GANTI counter attact dan cenderung membela sefihak. ingat biar bagaimanapun PKS itu parpol model negara kafir, sebersih apa sih parpol di Indonesia ini???

    • junaedi putra

      udah segitu banyak fakta masih ngelak juga? harusnya bukan ngelak, tapi minta maaf. paham ya?

    • setujuu boanget parpol yang dah brgabung diparlemen nggak diragukan lagi pasti deh ngikut aturan main antek2 kafir….

  9. Media ‘kafir’ saja paham etika jurnalistik, ……. (komentarnya)

    Ah, jangan banyakin dosa saja akhii,

  10. yang punya Blog ini perusak masa depan DUNIA

  11. Pemilik Blok inI Bukan orang Wahabi / Salafy, ada ciri-ciri yang kurang untuk di sebut Wahabi.
    Sepertinya Pemilik Blok inI Bukan orang ISLAM karena ada ciri-ciri yang kurang untuk orang yang ber-Iman islam, meskipun KTP-nya islam.

  12. Pemilik Blok inI Bukan orang Wahabi / Salafy, ada ciri-ciri yang kurang untuk di sebut Wahabi.
    Sepertinya Pemilik Blok inI Bukan orang ISLAM karena ada ciri-ciri yang kurang untuk orang yang ber-Iman islam, meskipun KTP-nya islam.

    Yang Punya Blog ini PERUSAK MASA DEPAN DUNIA

    http://www.facebook.com/notes/heri-purnomo/kondisi-masyarakat-kritis/1803651789569

  13. pak heri setuju,,,,

  14. ah dasar bknnya berjuabg mlah menghalangi2 orng berdakwah dasar yg punya blog ini antek yahudi.

  15. “… Bahkan tim sukses pasangan calon terpilih SBY-JK juga mendapatkan aliran dana sebesar Rp225 juta. ICW juga mencatat bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun mendapatkan dana sejumlah Rp 300 juta….”

    Mas admin..! Yang bilang PKS mendapatkan dana Rp300 juta ICW atau HTI ???

    • junaedi putra

      HTI mentaqlid pemberitaan itu tanpa tabayun. itu yg terjadi. dan itu kesalahan yg jelas. mau menyangkal?

      • agus setiyawan

        1. Mengenai Fachry Hamzah yang disebut-sebut oleh Sekjen Rokhmin menerima dana DKP, mengklarifikasi bahwa yayasannya yang bergerak di bidang riset disumbang oleh Rokhmin karena sering konsultasi dengan Fachry dan memberikan tugas-tugas penyusunan konsep
        Comment : menurut saya ini tidak masuk akal, karena kalau resmi departemen yang meng-hire konsultan pasti melalui SPK (Surat perjanjian Kerja), jika berasal dari dana non budget tentu ada yang fishy lah

        2. Sementara Pak Suswono secara pribadi pernah meminjam uang kepada Rokhmin sebesar Rp. 100 juta dan pinjaman itu sudah dilunasi kembali, anehnya catatan sekretaris Rokhmin tidak mencatat pengembalian itu.
        Comment : Lucu jika pinjam ke pribadi rokhmin maka terserah rokhmin mau catat atau tidak, jika pinjamnya ke kas depatement maka itu yang bermasalah, karena setiap peminjaman oleh SKPD (jika di daerah) harus diketahui DPRD, jika nasional harusnya diketahui DPR. Jika PKS menerima pinjaman dari department secara pribadi tentu juga fishy, pinjaman yang tidak sah (rokhmin meminjamkan uang yang bukan miliknya) dan PKS mau???

        3. Hasil Tim Investigasi yang dibentuk PKS sementara menyimpulkan bahwa beberapa pribadi yang menjadi pengurus yayasan, yang mengelola kelompok tani, nelayan dan mengadakan acara-acara baksos pernah mengajukan proposal (secara perseorangan) yang mungkin diidentifikasi sebagai kader PKS, mereka disumbang Rokhmin. Ada yang menyatakan, waktu disumbang tidak etis menanyakan sumber dana. Catatan sekretaris DKP tidak jelas keakuratannya. Jadi harus ditegaskan dengan gamblang dan dibuktikan di pengadilan kebenarannya….
        Comment : Yayasan PKS mau disumbang dari dana yang tidak jelas halal dan haramnya? Ini juga fishy

      • mas agus setiyawan, menurut sampeyan apa dana DKP bisa dicairkan tanpa SPK?

  16. Bukannya HTI tuh emang nganggap semuanya selain HTI itu musuhnya. Malah menurutkan kalian itu yang antek Yahudi. Pake model organisasi versi freemasonry berbalut syariah dan khilafah. Menipu anak – anak muda yang tidak paham politik. What do you think…?

    • mas pengamat orang PKS ya…? Mas PKS tu isinya org2 islam taat, tapi setelah masuk lingkaran setan di Senayan apakah dijamin masih steril dari mental mata duitan, wong cara kampanye org2 PKS di tempat saya juga pakai duwit lhooo…. Kalo HTI saya belum lihat mata-duwitannya sebab saya bukan orang HT… mas jgn terlalu emosi ya tapi lihat kenyataan aja-lah mana parpol yg ga bermain2 dg uang

      • maaf, tlg sampeyan jelaskan dan beri bukti ttg “cara kampanye pks di tempat saya juga pake duwit lhooo…”. supaya kita sama2 bisa mengetahui keakuratan perkataan sampeyan dan tidak ada yg menganggap sampeyan memfitnah.

      • Kampanye harus pake duit lah … bikin panggung, nyewa bis, emang gratis ..? ha ha LOL …

  17. I don’t think so,
    yang jelas saya lebih melihat bukti, … jadi Demokrasi itu selamanya tidak pernah akan mensejahterakan umat, sampai akhir jaman. siapapun presidennya.

  18. “….qola Deon : “…..wahai manusia berhati-hatilah dalam membuat aturan, gunakanlah qur’an dan hadits sebagai acuan yang cenderung berpihak pada hati nurani, janganlah menjudge sesama orang muslim, ingat musuh-musuh Allah, yang terus-menerus menghancurkan Akhlaq manusia. Karena aturan / UUD itu bisa menjadi karakter seseorang..!!!!” What do U think?”

  19. salah satu yg perlu dikoreksi sama HT, HT kalo ngadain acara suka mencantumkan:
    Pembicara: 1. Ust..Fulan, 2. Ust. Fulan (DPRD..), 3. Ust. ..Fulan (FPI), 4. Ust. (MUI) dan lain-lain.
    Padahal ustadz2 yg disebut di atas gak pernah ditelpon2 acan.
    Atau kadang memang ditelpon dan mereka datang, namun jadi ladang pembantaian dgn pertanyaan2 yang memojokkan….

    Terus, solusinya monoton; “Apapun menu dan hidangan nya, solusinya hanya satu… KHILAFAH”.

    • salam, umay sayang…. kalo saya lihat mereka tidak membantai sayang, wajar dalam diskusi/acara2 omongan yang yang menarik pasti dikejar dengan pertanyaan donk. dan wajar saja sayang, anda bukan sekertarisnya jadi teleponya tidak melalui anda he he he

  20. Orang kafir aja percaya ( baca George W Bush) akan datangnya pemimpin umat islam (Kholifah) masa antum tidak percaya sebagai orang yang beriman he…he…apa antum gak mau dipimpin oleh pemimpin yang menerapkan syariah islam secara kaffah ?

    • junaedi putra

      gak nyambung. ada komentar yg sedikit lebih cerdas gak?
      klo ada tolong ganti komentar yg ini ya ^_^

  21. “Akan keluar suatu kaum dari umatku, mereka membaca Alquran, bacaan kamu dibandingkan dengan bacaan mereka tidak ada apa-apanya, demikian pula shalat dan puasa kamu dibandingkan dengan shalat dan puasa mereka tidak ada apa-apanya. Mereka membaca Alquran dan mengiranya sebagai pembela mereka, padahal ia adalah hujjah yang menghancurkan alasan mereka. Shalat mereka tidak sampai ke tenggorokan, mereka lepas dari Islam sebagaimana melesatnya anak panah dari buruannya.” (HR. Abu Dawud)

  22. Jangan khawatir syariat Islam akan tenggelam, karena Islam ini punya Allah dan Allah akan selalu menjaga agama yg di ridhoi-Nya.

    Maka tugas kita adalah perbaiki Aqidah yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah serta dakwah kan.

  23. sumardisaad@yahoo.com

    blog ini dalam mengulas hanya asumsi, tidak menyentuh inti permasalahan yang diangkat. kondisi seperti ini sangat rentan disebut bualan belaka. saya berharap berdialog itu lebih baik.

    • junaedi putra

      udah pake bukti masih bilang asumsi?
      yg asumsi itu justru fitnah keji HTI dalam situs resminya itulah yg tepat disebut asumsi, tepatnya lagi asumsi yg menjurus ke fitnah

  24. ada betulnya yang disampaikan, LANJUTKAN ADMIN!!!

    nyatanya sampai sekarang yang namanya buletin al islam masih SAMAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!! kalau tujuan khilafah saya juga sepakat tapi konsisten dong dengan yang kalian suarakan sesuai syariat, masa gak ada tabayun datanya cuman ambil comot aja,

  25. sejujurnya saya bingung dengan hti yang sebenarnya.. seringkali kritis akan tetapi dirinya sendiri alergi kritik.. segala sesuatu mengharuskan islami akan tetapi melihat perilaku orang-orangnya (khususnya yang berkomentar di blog ini) samasekali tidak islami.. apakah itu mencerminkan mentalitas dan intelektualitas hti..? saya tidak tahu.. oh,ya sudah saya download dan baca beberapa buku hti.. ada banyak unsur sentimentil.. kental aroma arabik-nya.. jangan tanya sama saya yang mana karena orang-orang hti kan lebih pinter.. kan kata hti juga jangan taklid buta,ya..? mau bilang saya antek yahudi..? mau melaknat saya kafir..? silahkan.. Allah SWT Maha Adil dan Maha Tahu.. Beberapa kali saya berkomentar atau sekedar berkritik saran di web hti or id juga gak pernah dimunculin.. padahal itu upaya saya untuk mengenal hti lebih lanjut.. cuma mungkin adminnya parno ato alergi abis.. kalo orang bener-bener memperjuangkan kebenaran ia akan senantiasa jujur, terbuka dan berani apa adanya.. adalah aneh kalo tidak begitu.. siasat..? mungkin juga kata ini bisa dipake tameng untuk muslihat dan kemunafikan.. saya tak bilang hti itu salah.. tapi juga tak bilang hti itu adalah benar adanya..

    • mas anda sedang bingung ya..? blog ini bukan milik HT tapi milik “kominitas HT”, agaknya anda orang yg bijak

      • gak nyambung ya? maksud si “muslim saja” itu orang2 spt kamu, bang hoolay, yg komentar di sini. bukan si admin.

    • junaedi putra

      sudah lazim kita ketahui bahwa orang yg terlalu suka mengkritik itu alergi kritik. selain yg anda alami, itu juga yg saya alami. sepertinya situs resmi HTI itu hanya memuat 2 hal : pujian terhadap HTI, dan hujatan terhadap selain HTI (khususnya PKS). jangan tanyakan bukti, karena situs resmi itu sudah menjadi bukti yg nyata

  26. Dari isi blog ini, ketahuan kemana arah dibuat blog ini..

  27. tulis alamat/kantor/no telp,trimakasih

  28. saya baru gabung,… begini ikhwah sekalian, saya hanya ingin berkomentar bahwa yg diperdbatkan ini semua masalah ijtihadiyah. yg namanya ijtihadiyah selalu saja ada pro-kontra tdk hanya org2 yg awam bhkn para ulamapun demikian. jadi menurut saya tdk apa2 kita saling tukar pendapat tapi jauhilah kata2 yg kasar, ketus, sinis dsb… alangkah baiknya jika didasari atas cinta sesama muslim apapun organisasi atau harokahnya. masih banyak PR umat yg akan digarap, mari kita bergerak sesuai dgn metode dakwahnya masing2 tapi, saling menutupi kekurangan, dan jangan berkomentar ini itu yg justru tenaga kita habis hanya utk ini, sementara org2 kafir, sekuler melihat kita tertawa….

  29. bagi saya apapun harokah yg ikuti seseorang (selama masih ahlus sunnah) tdk masalah, krn yg ada sekarng memang masih “jama’atun minal muslimin” bkn “jama’atul muslimin”, ibarat dalam cerita ada beberapa org buta yg disuruh meraba-raba seekor gajah kemudian menceritakan bentuk gajah itu seperti apa…. yg satu mengatakan, “gajah itu seperti piring”, itu benar krn ia kebetulan memegang telinganya. yg lain lg berkomentar, “kamu salah, gajah itu seperti pohon”. itu krn dia memegang kakinya. yg membantah, “gajah itu seperti ular kok…” itu benar juga krn dia meraba belalainya. begitulah seterusnya……….. krn memang org2 buta tsb menyebutnya sesuai apa yg mereka raba. Padahal gajah itu adalah terdiri dari daun telinga yg lebar, kaki yg besar, belalai yg menyerupai ular. nah kalau kita berpikirnya secara utuh dan konprehensip maka begitulah sebaiknya kita memahami Islam. mhn maaf kl ceritanya ada kekeliruan. syukran

  30. oya… kayanya kurang asyik kalau yg masuk surga itu hanya satu golongan (harokah) aja. kenapa gak rame-rame kita masuk surga… pintu surga itu kan banyak, nah, kita tinggal pilih yang mana tentu sesuai dgn amalan masing2. selesai toh.. gitu aja repot . sekali lagi maaf ya..canda doang (tapi serius)

  31. @agus yang dirahmati Allah,
    Semua muslim ahlut tauhid pasti masuk surga, namun masalahnya sebelum masuk surga akan dihisab dahulu di neraka dengan bobot siksa sesuai kesalahan nya di dunia.
    Jadi saya tidak pernah mengatakan HT tidak masuk surga, namun barangkali HT akan disiksa lebih lama daripada teman-teman yang di Muhammadiyah misalnya.
    Mohon maaf itu sekedar gambaran kasar saja, namun intinya semua yang bertauhid pasti akan masuk surga.

    • afwan kang tolong dipikirkan lagi baik2 kata2 antum mengenai
      “barangkali HT akan disiksa lebih lama daripada teman-teman yang di Muhammadiyah misalnya”
      takutnya orang berpendapat seolah antum lebih tau tentang takaran dosa dan pahala manusia di banding Allah SWT…..
      Allahumaghfirlana

    • @ mirsha,
      Baiklah akan ana fikirkan baik-baik, jazakallahu khairan

  32. masalah masuk surgax seorang cuman Allah yang tahu pak Admin,,,, karna Admin ini sangat berilmu tinggi jadi dia uda tahu berapa lama seorang disurga juga neraka,,, ato sebelum masuk surga dihisab dulu,,,, hebat bangat deh ini Admin kayakx uda kalah deh para malaikat bahkan posisi admin uda menyamai Allah,,,, Astaghfirullah Hal ‘Azim,,,, wallahu a’lam

  33. @ iksan yang saya muliakan,
    Masalah seseorang masuk surga atau tidak itu hanya Allah yang tahu, saya hanya mengatakan apa yang disampaikan Rasulullah shallallahualaihi wa salam bahwa semua yang bertauhid akan masuk surga namun sebelum masuk surga akan dihisab di neraka sesuai berat kesalahannya.
    Jadi yang menyimpang meskipun ia mukmin maka ia akan masuk neraka dulu dengan lama dan berat hukuman sesuai kadar penyimpangan yang ia lakukan, baru setelah selesai hisabnya ia akan diangkat dari neraka ke surga.
    Inilah aqidah kami ahlus sunnah, adapun aqidah HT dalam perkara ini saya kurang paham karena hadits-hadits aqidah ahlus sunnah memang banyak yang ahad lafadznya namun mutawatir ma’nanya.
    Wallahu ta’ala a’lam

  34. Pengen nanya nih akh, apakah antum tahu bahwa antum masuk syurga? Apakah antum sudah tahu apa yang ditulis di lauh mahfuzh? klo tidak, knapa “memvonis” orang HT lebih lama di neraka sedang antum tidak tahu apa yang tertulis di lauh mahfuzh? Boleh tunjukkan dalil shahihnya?

    • @Hugo yang dirahmati Allah,
      Jika saya sampai mati nanti masih bertauhid maka saya akan masuk surga, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits hadits ahad yang shahih riwayat bukhari muslim.
      saya mencontohkan HT lebih lama dineraka daripada muhammadiyah bukan berarti kenyataan nanti pasti demikian, mohon dicermati kata-kata saya bahwa hal itu hanyalah contoh permisalan.
      Bisa jadi setelah ini HT akan melakukan koreksi total terhadap penyimpangannya sehingga bisa menyelamatkannya, wallahua’lam

      • Mo nanya lagi ni akh :), bukannya ditulisan antum yg lain, antum menulis bahwa Allah sudah menentukan perbuatan dan “tempat akhir” manusia? apakah tidak kontras dengan pernyataan antum? Jadi mana yg harus ana yakini? apakah perbuatan ana didunia ini menentukan “tempat akhir” ana atau perbuatan ana di dunia tidak mempengaruhi sama sekali “tempat akhir” ana nanti?

  35. Tidak kontras akhy fillah, karena ana juga sampaikan bahwa Nabi mewajibkan kita berikhtiar meskipun taqdir kita sudah ditentukan, karena Allah tidak pernah membocorkan rencanaNya kepada manusia sehingga manusia tidak tahu apa yang akan menimpanya esok.
    Perbuatan kita menentukan tempat akhir kita, tapi perbuatan kita juga adalah taqdir Allah, semua adalah taqdir Allah.
    Semua manusia di hisab atas amal yang ia lakukan dan semua itu adalah taqdir Allah.
    Apa yang terjadi pada kita esok hari itu Allah sudah tahu, jadi Allah sudah menentukan jalan kita, namun manusia tidak diberitahu Allah apa yang ditaqdirkan padanya, untuk itulah ia harus berusaha.

    • Berarti ada pilihan dari kita apakah kita akan bertauhid atau tidak? Apakah ada takdir yang bisa kita pilih? karena bertauhid akan mendekat ke surga sedang tidak bertauhid mendekat ke neraka, dan apakah itu juga pilihan takdir? Lantas apakah ada peran akal dalam memilih tersebut?
      Dan dari apa yg antum katakan berarti, belum tentu antum masuk syurga, karena meski antum bertauhid, sudah ada takdir Allah yang menunggu yang antum belum ketahui apakah antum masuk syurga atau neraka.

      • Semua pertanyaaan antum sudah dijawab dan dijelaskan dengan sangat mudah oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasalam,
        silahkan dibaca secara perlahan agar tidak terjerumus pada akal dan filsafat manusia :

        قال عمر يا رسول الله أرأيت ما نعمل فيه أمر مبتدع أو مبتدأ أو فيما فرغ منه ؟ فقال فيما قد فرغ منه يا ابن الخطاب وكل ميسر أما من كان من أهل السعادة فإنه يعمل للسعادة وأما من كان من أهل الشقاء فإنه يعمل للشقاء
        Artinya:
        “Berkata Umar: Wahai Rasulullah, apakah yang kita lakukan (perbuatan-perbuatan makhluk) ini perkara yang baru terjadi atau pun telah ditetapkan oleh Allah sebelumnya?
        Jawab Nabi : Telah ditetapkan wahai Ibn al-Khattab dan setiap orang itu dimudahkan baginya (berdasarkan takdir yang telah ditetapkan), maka sesiapa yang ditetapkan menjadi ahli saadah (syurga) maka dia akan beramal dengan amalan yang membawanya kepada syurga adapun mereka yang ditetapkan sebagai ahli syaqawah (neraka) maka dia akan beramal dengan amalan yang membawanya ke neraka”.
        [HR. al-Tarmizi, Ahmad-sahih-].

  36. mas fajar | 3 Februari 2012 pukul 03:21 | Balas

    walah.. klo mo ngingetin… jangan di gembor gemborin disini mas…

    coba silaturahmi ajah markas besarnya HTI…. Insy\ALLAH diterima dengan baik ko….

    sepintas saya pernah baca Media UMAt ( korannya HTI ) disitu HTI sering berkunjung – silaturahmi ke berbagai departemen…

    pernah ke PKS pernah ke PBNU.. dan lain lain../ ya bukannya ngebelain tapi yang saya baca…. begitu….

    coba kegiatan silaturahmi kan baik tuhh.. mempererat ukhuwah islamiyah… coba itu dulu di lakuin.. trus pasang dah disini hasil silaturahminya…

    biar semua tau klo sampean memang ada niat untuk ngingetin…. mereka (HTI)

    trus buat orang HTI (syabab), semoga di beri kesabaran… shingga tidak mudah emosi…

    walaupun emosi itu adalah sifatnya manusia…

    klo ada yang sesat, klo memang tersesat.. kan ada pepatah mengatakan…

    MALU BERTANYA SESAT DIJALAN…..

    • junaedi putra

      kenapa gak boleh? bukankah HTI pun sering “menasihati” hamas, akp, dan harokah lain di liau tempatnya?

  37. Lanjut nanya akh..
    Lantas apa peran syari’ah dalam mengatur perbuatan manusia? jika semua perbuatan itu adalah takdir? Bukankah Allah menyuruh untuk kita berfikir? Bukankah tetap ada peran akal dalam menentukan pilihan apakah dia akan menjadi ahli maksiat atau menjadi ahli sunnah?

    Dan pertanyaan selanjutnya, apa peran akal menurut antum? mohon jelaskan dengan dalil shohihnya.

    Syukron

    Hugo,

  38. Saudara Hugo yang dirahmati Allah,

    Sebelum saya melanjutkan menjawab semua pertanyaan saudara, saya ingin ketegasan apakah saudara mengimani hadits yang saya tuliskan itu ?

    – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –
    1. “Berkata Umar: Wahai Rasulullah, apakah yang kita lakukan (perbuatan-perbuatan makhluk) ini perkara yang baru terjadi atau pun telah ditetapkan oleh Allah sebelumnya?
    Jawab Nabi : Telah ditetapkan wahai Ibn al-Khattab dan setiap orang itu dimudahkan baginya (berdasarkan takdir yang telah ditetapkan), maka sesiapa yang ditetapkan menjadi ahli saadah (syurga) maka dia akan beramal dengan amalan yang membawanya kepada syurga adapun mereka yang ditetapkan sebagai ahli syaqawah (neraka) maka dia akan beramal dengan amalan yang membawanya ke neraka”.
    [Hadis riwayat Tirmidzi & Ahmad, Shahih].

    2. Sabda Nabi :
    مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ كُتِبَ مَقْعَدُهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَمَقْعَدُهُ مِنْ النَّارِ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا نَتَّكِلُ فَقَالَ اعْمَلُوا فَكُلٌّ مُيَسَّرٌ ثُمَّ قَرَأَ { فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى إِلَى قَوْلِهِ لِلْعُسْرَى }
    Artinya: “Tak seorangpun dari kamu kecuali telah tertulis tempatnya di surga atau tempatnya di neraka” Kemudian (sahabat) bertanya : “Ya Rasulullah, apakah kita tidak pasrah saja” . Beliau menjawab : “Jangan, (tetapi) beramalah, setiap orang akan dipermudah (menuju ketetapannya)”.
    [Hadis riwayat al-Bukhari & Muslim].

    • Ya..
      Ana sudah menjawab, klo begitu, bisa antum jawab pertanyaan ana?
      Mohon tidak nanya balik lagi, silahkan jawab dulu pertanyaan ana.

      Syukron..

  39. Saudara hugo yg dirahmati Allah,
    Jika saudara sudah beriman bahwa manusia telah ditetapkan surga dan nerakanya maka saudara tidak boleh mempertanyakan karena hal itu wujud keraguan saudara terhadap iman yang telah saudara ikrarkan.
    Wahai saudaraku,
    Untuk menjawab pertanyaan saudara maka cukup dengan riwayat kisah umar bin khathab yang menghukum seorang pencuri. Sang pencuri tidak mau dihukum dan beralasan bahwa ia mencuri adalah takdir Allah.
    Maka apakah jawaban Umar atas penyataan pencuri tersebut ?
    Maka Umar menjawab “ya, dan aku menghukum memotong tanganmu juga atas takdir Allah”.
    Jadi jawaban kenapa Allah menciptakan syariat dan fikiran, adalah untuk menyempurnakan ketetapan/takdir atas makhluk Nya.
    Misalnya andaikan tidak ada syariat tentu Allah tidak bisa menetapkan surga dan nerakanya seseorang, jadi karena Allah mentaqdirkan surga dan nerakanya seseorang itulah maka perlu ada syariat.
    Begitu pula andai saja manusia itu tidak diciptakan dengan fikiran maka tentu Allah tidak bisa menetapkan surga dan nerakanya seseorang, jadi karena Allah mentaqdirkan surga dan nerakanya seseorang itulah maka manusia perlu diberi fikiran.
    Semua itu, baik surga, neraka, syariat, fikiran, adalah taqdir Allah yang sengaja diciptakan Allah sebagai kelengkapan taqdir atas semua makhluk Nya.
    Wallahu ta’ala a’lam

  40. Ana bukan meragukan hadits tersebut,
    dari potongan hadits: “Jangan, (tetapi) beramalah, setiap orang akan dipermudah (menuju ketetapannya)”. Makna beramalah bukankah bisa berarti menuntut kita untuk memilih amal yang shaleh? karena hal tsb memudahkan kita kepada ketetapan Allah yakni Syurga; dan bukankah memilih amal shaleh adalah peran akal berdasarkan syari’at? Dan bukankan Ijtihadnya mujtahid jg ada peran akal?

    Dan boleh dijelaskasn asbab dari keluarnya riwayat dari Umar r.a., dari kitab mana ana bisa mendapatkannya? soalnya ana pernah dengar klo pencuri itu dari jabariyah, makanya Umar r.a seperti itu. Karena ana sudah baca sebagian artikel antum, klo antum menyebut bukan jabariyah.

    Dan antum belum menjawab pertanyaan ana, bagaimana peran akal dalam islam yang antum ketahui? mohon jelaskan dengan dalil shohihnya.

  41. @hugo yang dirahmati Allah,
    Perintah beramal berarti memang ada pilihan disana dan Allah mentaqdirkan itu semua bahwa manusia diberi pilihan, namun pilihan itupun pada hakikatnya taqdir Allah juga, dan Allah tahu apa yang akan dipilih manusia itu jauh sebelum manusia itu memilih.
    Memilih amal shaleh memang adalah peran akal dan terkait dengan syariat, dan itu semua juga merupakan kehendak Allah dan taqdirNya.
    Saya tidak melihat ada masalah disini antara taqdir menurut ahlus sunnah dengan akal dan syariat, semuanya berjalan selaras.

    Mengenai riwayat umar tersebut sangat masyhur di berbagai kitab tarikh yang diceritakan bahwa Umar Ibnu Khathab pernah menghukum orang JABARIYAH dan orang JABARIYAH itu berkata ” Wahai Amirul mukminin bukankah saya mencuri semua itu sebagaimana kehendak Alloh, lalu kenapa kamu menghukumku?” Kemudian Umar Ibnu Khathab menjawab” Iya, maka saya memotong tanganmu juga karena kehendak Alloh Ta’ala”
    Adapun mengenai takhrij kisah tersebut saya tidak tahu karena itu bukanlah hadits melainkan hanya atsar dari shahabat.
    Wallahu ta’ala a’lam

  42. Adapun pertanyaan antum mengenai peran akal dalam islam berikut dalilnya, maka perlu saya sampaikan kepada antum bahwa semua hadits tentang keutamaan akal adalah palsu.
    Al-Harits bin Abu Usamah meriwayatkan dlm Musnad- dari seorang rawi bernama Dawud bin Al-Muhabbir sebanyak tigapuluh sekian hadits yg menerangkan tentang keutamaan akal dan Ibnu Hajar mengomentarinya: “Semua palsu .”
    Begitu pula Ibnul Qayyim mengatakan dlm buku Al-Manar : “Hadits-hadits tentang akal semua dusta.”

    Jadi tidak ada dalil khusus tentang keutamaan akal dalam islam, sehingga kedudukan akal adalah sebagai salah satu organ tubuh manusia sama seperti organ lainnya.

  43. Di Al-Qur’an banyak ko akh, tentang keutamaan menggunakan akal dalam usaha beriman kepada Allah. Apakah antum meragukan?

    Pertanyaan terakhir akh, mengenai bagaimana konsep amar ma’ruf nahi munkar antum terhadap kedzaliman penguasa terhadap rakyatnya, dan rakyatnya saudara antum sesama muslim?

    Syukron,

    Hugo,

    • @Hugo yang dirahmati Allah,
      Dalam alQur’an manusia memang diperintahkan berfikir namun itupun pada batas-batas tanda-tanda kebesaran Allah, sehingga akal itu tunduk pada dalil bukan sebaliknya dalil yang dikalahkan oleh akal.
      alQur’an juga telah mencontohkan kaum yang diberi akal lebih oleh Allah namun justru mereka menjadi kaum yang hina dan tersesat karena kelebihan akalnya.
      Penafsiran terbaik alQur’an adalah Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam maka kembalikanlah pada beliau.

      Kedzaliman penguasa perlu dirinci seperti apa bentuk kedzalimannya. Namun intinya kita wajib menasehati penguasa, tidak boleh patuh jika disuruh melakukan kemaksiyatan, namun tidak boleh memberontak.
      Dan semua itu ada ketentuan yang lebih khusus dan terperinci yang diberikan Rasulullah kepada kita dan dicontohkan oleh para shahabat.
      Wallahu ta’ala a’lam

      • Klo begitu buktikan realisasi antum ber- amar ma’ruf nahi munkar baik kepada penguasa dzalim maupun tidak diterapkannya syariah secara kaffaah di bumi ini, jangan hanya sekedar mengkritik akidah sesama muslim, mengatakan ini bid’ah itu bid’ah; Ana tunggu berita jamaah antum melakukannya. Dan fikirkan juga bagaimana antum meningkatkan ukhuwah dengan khususnya syabab HT, karena mereka juga saudara sesama muslim bukan sekedar mengkritik dan memecah belah ukhuwah.

        Akhir kata, mungkin antum tetap teguh mempertahankan tentang qada wa qadar sesuai dengan informasi yang antum dapat, jadi anggap saja syabab HT sedang menjalani Qada Allah dalam usaha dakwah menegakkan Daulah Khilafah..

      • @Hugo yang dirahmati Allah,
        InsyaAllah saya sudah beramar ma’ruf nahi munkar dengan penguasa di tempat saya bahkan lebih intensif dan empat mata bila dibanding HT ditempat saya yang hanya masiroh atau demontrasi atau menyebarkan buletin atau deklarasi-deklarasi saja.
        Sementara saya sudah beberapa kali mengirimkan kritikan kepada penguasa tertinggi ditempat saya (Bupati) sekaligus solusi yang saya berikan kepadanya, meskipun sampai saat ini masih lambat penanganannya namun beberapa kali sekretaris pribadi beliau titip pesan ke saya untuk terus memberikan masukan ke beliau karena beliau memerlukan itu sebagai bahan kebijakan beliau.

        Adapun mengenai qada dan qadar itu saya tidak berpendapat namun hanya meresume kitab qadha dan qadar karya ibnul qayyim al jauziyah, adapun mengenai perjuangan HT maka barangkali sudah menjadi taqdir saya juga untuk meluruskan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan HT, wallahu ta’ala a’lam
        Barakallahufik

      • PembelaSalaf

        @Hugo
        Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang ingin menasehati penguasa maka janganlah dia menampak hal itu secara terang-terangan/di muka umum, akan tetapi hendaknya dia memegang tangannya seraya menyendiri bersamanya -lalu menasehatinya secara sembunyi-. Apabila dia menerima nasehatnya maka itulah -yang diharapkan-, dan apabila dia tidak mau maka sesungguhnya dia telah menunaikan kewajiban dirinya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Abi ‘Ashim dengan sanad sahih, lihat al-Ma’lum, hal. 23, lihat juga perkataan asy-Syaukani dalam kitabnya as-Sail al-Jarar yang dikutip dalam kitab ini hal. 44).
        Jika tdk mampu menasehati, minimal mengingkari kemungkaran dlm hati:
        Dari Ummu Salamah radhiyallahu’anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Akan muncul para penguasa yang kalian mengenali mereka namun kalian mengingkari -kekeliruan mereka-. Barangsiapa yang mengetahuinya maka harus berlepas diri(dengan hatinya) dari kemungkaran itu. Dan barangsiapa yang mengingkarinya (minimal dengan hatinya, pent) maka dia akan selamat. Akan tetapi yang berdosa adalah orang yang meridhainya dan tetap menuruti kekeliruannya.” Mereka -para sahabat- bertanya, “Apakah tidak sebaiknya kami memerangi mereka?”. Maka beliau menjawab, “Jangan, selama mereka masih menjalankan sholat.” (HR. Muslim, lihat Syarh Muslim [6/485]).
        An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Di dalam hadits ini terkandung dalil yang menunjukkan bahwa orang yang tidak mampu melenyapkan kemungkaran tidak berdosa semata-mata karena dia tinggal diam, akan tetapi yang berdosa adalah apabila dia meridhai kemungkaran itu atau tidak membencinya dengan hatinya, atau dia justru mengikuti kemungkarannya.” (Syarh Muslim [6/485])
        Imam al-Barbahari (wafat tahun 329 H) rahimahullah dalam kitabnya, Syarhus Sunnah berkata: “Jika engkau melihat seseorang mendo’akan keburukan kepada pemimpin, ketahuilah bahwa ia termasuk salah satu pengikut hawa nafsu, namun jika engkau melihat seseorang mendo’akan kebaikan kepada seorang pemimpin, ketahuilah bahwa ia termasuk Ahlus Sunnah, insya Allah.” Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah berkata: “Jikalau aku mempunyai do’a yang baik yang akan dikabulkan, maka semuanya akan aku tujukan bagi para pemimpin.” Ia ditanya: “Wahai Abu ‘Ali jelaskan maksud ucapan tersebut?” Beliau berkata: “Apabila do’a itu hanya aku tujukan bagi diriku, tidak lebih hanya bermanfaat bagi diriku, namun apabila aku tujukan kepada pemimpin dan ternyata para pemimpin berubah menjadi baik, maka semua orang dan negara akan merasakan manfaat dan kebaikannya.” Kita diperintahkan untuk mendo’akan mereka dengan kebaikan bukan keburukan meskipun ia seorang pemimpin yang zhalim lagi jahat karena kezhaliman dan kejahatan akan kembali kepada diri mereka sendiri sementara apabila mereka baik, maka mereka dan seluruh kaum Muslimin akan merasakan manfaat dari do’anya.” (Syarhus Sunnah no. 136, oleh Imam al-Barbahary)

    • mas hugo… kritikan2 anda tajam juga ya, memang benar kalo rakyat tahu kesalahan atau kekeliruan pemerintah, lalu siapa yang pantas di benarkan, pusing juga ya mas

  44. waah…sbenarnya arti/makna qodho’ dan qodar itu beda lho..sebaiknya akhi2 ni baca buku yg berjudul ISLAM MULAI AKAR HINGGA DAUNNYA. disitu sangat jelas mengenai ketetapan dan takdir Allah.

    • Silahkan baca kitab yang sangat bagus karya Ibnul Qayyim yang berjudul Qadha dan Qadar, disana beliau mengupas tuntas masalah ini, dan setahu saya belum ada satupun ulama yang mengupas lebih lengkap dari beliau.

  45. Bismillaah. HT memang tukang fitnah. Slain itu, HT juga tukang bo’ong, karena berani berdusta terang-terangan atas nama ulama.

  46. naudzubillah, HT pernah minta tlg (thalab nushrah) kpd khomaeni bahkan khomaeni diminta jd khalifah seluruh muslim di dunia dan alhamdulillah khomaeni menolak, cb kl menerima sdh pd jadi syiah tulen mungkin semua member hti plus jubir2nya. he he.. ktk ana konfirms ke jubir hti diBalikpapan beliau mengiyakan dan mengakui serta tdk mempermasalahkan kebijakan tsb dulu. ht..ht btp byk anak muda yg engkau tipu

  47. mana neh yg punya blog yg katanya mau diskusi secara terbuka dengan pihak HT ditunggu berbulan2 belum muncul juga..orang LIBERAL aja berani diskusi didepan publik dgn pihak HT..ini masih kayak katak dalam tempurung..payah…

    • Setahu saya, katak tuh kagak punya tempurung Mbak Asna yg cantik, yg punya tempurung tuh kura2. Tapi nggak tahu deh aku, mungkin di tempatnya Mbak Asna yg cantik ada katak yg punya tempurung.

  48. @asna yg dirahmati Allah,
    saya harus muncul dimana lagi? afwan jiddan saya tidak ingin jadi selebritis, saya cuma menasehati, adapun hidayah saya kembalikan kepada Allah subhanahu wata’ala, tapi jika HTI berniat mengundang saya secara resmi di forum seminar yang seluruh masyarakat boleh hadir maka insyaAllah saya upayakan, tentunya saya harus meminta pertimbangan dari komunitas atas maslahat dan madharat nya.
    Barakallahufik

  49. @asna..jgn terll mendesak admin mantan ht dong, diBalikpapan kejadiannya bahkan sebaliknya. ada ust salafy mengkritik pemahaman ht terhdp hadits ahad dlm aqidah meskipun shahih, sang ust kemudian berdiskusi dgn ht balikpapan dan ht ngotot dgn pendapatnya menolak hadist ahad yg shahih dlm masalah aqidah. setelah itu disepakati bahwa ht akan mendatangkan utusan dr pusat u/ berdebat dgn ust salafy tsb, tp ditunggu ust pusat ht tdk dtg2. piye tho asna?

    • @bendung HTI : busyet dah namanya juga udah bendung HTI ckckckckck…klo masalah hadis ahad sy ga tau tuh (sory diluar topik)….yg jelas stiap kritikan cobalah untuk bertemu kopi darat…bicarakan baik2..jangan cuma di internet/maya yg mukanya gak keliatan…
      bukannya mendesak,hanya saran…untuk berdiskusi secara langsung.. Pihak HT punya konsep/kitab rujukan dan yg punya blog juga punya kitab rujukan, sy rasa klo di blog ini terkesan kurang baik, apalagi dengan komentar2 yg lainnya..cobalah untuk kopdar……jgn hanya ngomong aja disini…kalo bisa di live kan..posting di youtube, bikin acara/berpartisipasi dlm acara HT misalnya jd pembicara, tampil dilayar kaca, byar masyarakat tahu, toh yg sy lihat Pihak HT sudah sering tuch berdiskusi dengan tokoh masyarakat lainnya, makanya sy sarankan cobalah sperti tokoh2 yg lain bersifat jentelmen&dewasa, toh mereka gak berantem apalagi debat kusir..biyar jelas..permasalahnya apa dan solusinya apa…bukan ngajak debat apalagi debat kusir, yg ada transfer ilmu dan saling menasihati..
      @mantanht : yg sy lihat..disini banyak lho kritikan anda terhadap HT..klo anda bersifat dewasa pasti kritikan anda itu anda sampaikan ke pimpinan pusat, ga hanya disini..inget lho pak…pertanggungjawabannya dihadapan Allah..klo disini terus sampai kiamat pun masalahnya gak akan bisa terlesaikan dan tidak menutup kemungkinan disini juga scara tidak sadar mengundang orang2/para provokator untuk mengadu domba antar muslim..cobalah datang ke kantor pusatnya, jgn seperti katak didalam tempurung pak..

  50. Wallahu a’lam bi Ash-shawab…Tiada Tuhan selain Allah yang patut disembah,,, Apakah kita sudah dijamin masuk surga walau dengan cara ngesot saja??? sebesar-besarnya amal baik manusia semasa hidupnya,, akan bisa hangus dibakar kesombongannya. apakah kita bisa menjamin ketauhidan kita tetap pada tempatnya. Lauh Mahfudz itu tidak dapat diramalkan. orang yang ibadahnya getol saja bisa su’ul khotimah.. satu pesanku. jangan sombong dengan ilmu yang kita miliki.. al-qur’an mungkin kita hafal, hadits-hadits shahih pun mungkin sudah diluar kepala.. tapi jika kesombongan masih memenuhi hati kita,, apakah Allah akan tetap memilih kita u/ ditempatkan dibarisan Rasulullah..

  51. jika blog ini bilang HT telah memfitnah!!??? sudahkah kita bercermin diri?? mungkin saja dengan tidak sadar kita juga telah memfitnah orang lain,,, catatan amal seseorang itu tidak terlihat,, apa kita sudah bisa menjamin bahwa malaikat disamping kanan atau kiri kah yang baru saja mencatat amal kita… tapi saya suka dengan adanya blog-blog ini,, bisa saling mengingatkan,, Allahu Akbar

  52. ht sgt sombong dlm menyikapi kritikan dan memandang gol lain dgn pandangan mendeskreditkan sbgmn dlm hadits bahwa kesombongan adalah “batharul haqq wa ghamtun naas” padahal barisan ht hanyalah syabab mutahammisiinal juhhaal bid diin.. allahummahdiihim ya Alloh

  53. Memperjuangkan Tegaknya Khilafah merupakan ladang amal, ilmu tentang Khilafah dan Akhir Zaman siapa yang melanjutkan kalo bukan kita-kita ini, Kita semua Kaum Muslim adalah Pecundang ! kita ikuti Yahudi dan Nasrani hingga ke lobang biawak ! lha kok digembosi gini, baca Blog ini Zionist tertawa terbahak-bahak mereka berhasil membuat sesama Muslim berantem, emangnya kalian bisa tidur nyenyak tanpa Khilafah ? Apakah kalian tidak sedih hidup tanpa Khilafah? Tegakkan Khilafah Siapapun Anda dan berjuanglah, Alloh Pasti Menolong Kita !

  54. @ramdhoni.. yg penting itu pemurnian aqidah dr kesyirikan dan mendorong ummat untuk kembali beribadah sesuai sunnah bukan bid’ah serta mengajak ummat untuk berda’wah dan berjihad dgn ilmu, harta dan jiwa insya Alloh akan akan mengaruniakan khilafah sbb ingat bro khilafah adalah anugrah jikalau syarat dr Alloh kita amalkan. bukan cm koar-koar khilafah doang tp aqidah berantakan belum lg ht memperbolehkan musik, salaman lawan jenis dan lihat gambar porno yg pentng tdk nafsu..kacau

    • Aslmkm afwan setahu ay slm sy halaqah di HT… tdk pernah ada aturan yg ditabanni HT yg membolehkan salamn lawan jenis kecuali mahramx,palg melihat gambar porno,,,sekedar nasehat saja..jgn krn ksalah sgelintir orang yg mungkin daris atau syabab HT lalu anda menjustifikasi bahwa HT memprbolehkan yg demikian…,cari dulu informasi dan bukti riilx baru menjustifikasi takutx nanti jatuhx ke fitnah,,,

  55. @nana azzahra yahdiyakillah.. ht mmg membolehkan jabat tangan lawan jenis yg penting tdk dibarengi nafsu jg memboleh melihat gambar porno bahkan tdk beriman dengan hadits ahad meskipun shahih yg konskuensinya sgt byk spt menolak azab kubur, kedatangan dajjal dll, silahkan confirm ke jubir2 ht kecuali kl jubirnya lg taqiyyah ala syiah..

  56. @ramdhoni, semoga Allah SWT memaafkan anda.

    seperti yang pernah saya katakan bahwa saya muslim saja tanpa prefix atau suffix apapun.

    sungguh anda keterlaluan menggeneralisasi semua kaum muslimin adalah pecundang.. atas hak apakah anda berani menghakimi seperti itu..? rasulkah anda..? anda punya masalah dan merasa frustasi dengan para pengkritik ht.. tetapi kenapa anda melibatkan semua kaum muslimin, yang tidak terlibat dengan pertentangan anda? inikah ht itu? anda (ht) merasa sangat butuh dengan khilafah ya terserah.. itu pemikiran anda (ht).. akan tetapi jangan jadikan seolah-olah khilafah itu bagian dari rukun islam dan rukun iman.. silahkan paparkan tetapi tak perlu paksakan juga pemikiran itu pada yang lain yang belum tentu sepemikiran dengan kelompok(ht) anda..

    keimanan saya dalam ber-islam tak akan saya gantungkan pada makhluk lain.. jika saya beriman dalam islam maka itu adalah kesadaran saya sendiri bukan karena harus ada khilafah dan sebagainya.. anda terlalu mendramatisir, terlalu obsesif hal itu.. dan ungkapan anda mencerminkan kefrustasian yang nyata.. alih-alih mengundang simpati, anda justru membuat citra ht jadi sangat buruk bagi saya.. saya tanyakan lagi apakah pernyataan anda adalah cerminan sikap dari ht..?

    tolong ralat pernyataan (fitnah) anda tentang “semua kaum muslimin adalah pecundang”.. jangan sampai ungkapan anda dibaca lebih banyak orang lain.. anda sebagai bagian dari ht telah melukai perasaan sangat banyak orang yang tak ada urusannya dengan percekcokan anda (ht) lawan pengkritik.. jika tidak, berarti anda (ht) telah sengaja membuat sangat banyak musuh.. dan itu akan merembet pada dunia nyata, bukan sekedar kisruh kalimat semacam di blog ini..

  57. na’am seharusnya demikian. ana muwafiq jiddan dgn akh muslim saja.

  58. @nana azzahara..tentang pembolehan salaman lwn jenis yg penting tdk nafsu bs dilihat disitus hayatulislam oleh Syamsuddin Ramdhani syabab HTI. kl yg lainnya spt blhnya lihat gambar porno etc bs disearching. sdh bkn rahasia umum lg kok. untuk asna tantangan debat ust salafy bppn tersebut msh berlaku smp skrg. tp ht blm ada jwbn. piye tho?

  59. hehehh. kayax bagian dr propaganda… adu domba… basi brow…. JIL kah???

    • @Mas Jojon yg lucu dan imut
      Di sini tuh adanya adu tulisan mas, bukan adu domba. Saya yakin antum nggak mau kalau disebut domba krn antum seorang manusia yg lucu dan imut.

  60. @jojon. merupakan kebiasaan negatif dr member HTI kl ada yg mengkritik selalu dituduh “agen yahudi, atau org kafir atau JIL? padahal slh satu kewajiban antar sesama muslim adalah saling nasehat-menasehati dan saling berwashiat dlm alhaq dan ash shabr. apalagi terhadap HT yg mmg sgt kacau aqidah, syariah dan dan metode da’wahnya. Wallahul musta’an

  61. @asna yahdiyakillah. anda dan yg serupa anda entah kenapa selalu bersikap demikian. ktk ada kritikan kostruktif untuk ht sll dijudge sbg agen Yahudi dan org kafir, pemecah belah dll. atau kl tdk ada hujjah selalu aja dibilang “kenapa tdk konfirmasi? kenp tdk langsung ketemu or kopdar?” ana tanya apakah ktk ht memfitnah salafy sbg konspirasi kafir yahudi dan inggris sebelumnya sdh kopdar?? ht..ht..

  62. Lucas Sihombing

    apa ini yang dinamakan debat kusir ??

  63. Buat Antum yg ngaku2 ngikutin org2 salaf iok nggak mau syariat islam ditegakan secara sempurna, kok ini malah menghalang2i,
    Woy pengaku salafy, orang2 salaf tu kalo lihat hukum Allah digantikan ama hukum buatan manusia ya pasti nentang mereka pasti berusaha buat hukum Allah tu tegak kembali gak kaya orang yang “ngaku”ngikutin org2 salaf, cuman ngaku2 doang gak ada buktinya.
    muslim palestina dibantai lah SiPengaku salafi malah asik ngebitah-bitahin org yg lagi tahlil, marilah kita benar2 menempuh jalan salafus salih yg sbener2nya dg brjuang menegakan hkum Allah tegak dg sempurna tanpa ada yg dipilah2 dibumi ini.jzk

    • @Riski yg baik hati, tdk sombong, & suka menabung
      Ketika menasehati dikatakan menghalang-halangi, tidak akan ada perintah amar makruf nahi munkar.

  64. Lagi-lagi dalam Komen ini menunjukkan ketidak konsistennya HT dalam mengkritik, katanya tidak pernah menjelek2an PKS tapi ternyata Komennya banyak menyudutkan PKS…

  65. @rizki. salafy tidak spt HT yg bahkan Khomaeni dedengkot Syiah pun diminta jd khalifah.. HT hanya sibuk masirah melulu giliran jihad entar dulu?

  66. HT : khilafah? yes, da’wah tauhid? No, da’wah sunnah? No, syirik dan bid’ah? Yes Yes..

  67. nugroho generasi syarekah

    mungkin ini komunitas orang frustasi karena dulu di Hti dakwahnya gak ikhlas, gak dapet uang saku. Kalo di partai yang bergelut di sistem kufur kan dapet duit. Perlu diselidiki apakah yang bikin blog bener2 mantan kite?? Atau emang komplikasi dari PKS JUGA’. Kalo dakwah tuh yang bener mas bro, jangan adu d0mba..

  68. @nugroho hadaakalloh. biasanya kl ada kritikan konstruktif ke HT sell dibalas dgn tuduhan “agen kafir, agen yahudi atau JIL” tp ada hal yg br dr nugroho bahwa yg mengkritik HT adalah org yg frustasi? is-al liamdza???

  69. bendung HTI: HT : khilafah? yes, da’wah tauhid? No, da’wah sunnah? No, syirik dan bid’ah? Yes Yes..
    Nampak jelas dan terang benderang sifat dengki terhadap perjuangan penegakkan Islam, meski oleh orang yang mengku-ngaku memperjuangkan aqidah, sunnah, dll

    • SatrioMadangSego

      @Satrio
      Mas, bgmn cara mendirikan khilafah ala manhaj kenabian jika No da’wah sunnah?!?!@&$..*.? :D

  70. utk pengelola koma, carilah bahan/materi yang lebih intelek jika memang tujuannya utk melakukan kritik. Jangan materi basi dipakai utk mengadu-domba umat Islam. Jika kita memang orang yg sudah dewasa perkenalkan saja nama dan alamatnya tdk perlu takut dan khawatir, krn setiap perjuangan menyampaikan kebenaran pasti ada resikonya. Jd ndak perlu pake mantan bayi, mantan anak-anak

  71. @satrio hadaakalloh.. permasalahannya bukan karena kita semua adalah mantan bayi atau mantan janin atau lain-lain hal tersebut beda dengan mantan pengikut satu faham, jama’ah atau lainnya. antm bs bedakan? yang pertama jelas merupakan sunnatullah dan yang kedua merupakan proses pendewasaan berfikir. antm lihat lagi topik-topik diblog ini misalkan etika politk HT, keyakinan HT dalam masalah hadits Ahad, taqdir atau lain-lain kemudian silahkan bantah secara ilmiah. jangan men-judge satu materi basi atau setiap yang mengkritik HT dituduh secara tidak sopan sbg agen kafir, JIL, agen Yahudi, pemecah belah atau istilah anda ado-domba ummat. banyak hal dr HT yang harus dikritisi contoh Hizbut Tahrir memperbolehkan memandang gambar wanita bukan mahram, walaupun dengan syahwat sebagaimana dalam nusyrah (selebaran resmi Hizbut Tahrir) no 16/Syawwal/1388H atau 4/1/1969M. yang berisi. “Memikirkan dengan syahwat, berkhayal dengan syahwat ataupun memandangi foto wanita dengan syahwat tidak haram, demikian pula pergi menonton bioskop adalah tidak haram, dikarenakan yang ditonton hanyalah gambar (benda mati) yang bergerak.”. Demikian pula dalam nusyrah no 21/Jumadil awwal/1390 atau 24/7/1970M, dikatakan, “Sesungguhnya memandang gambar wanita baik dari cermin, di kartu, di surat kabar ataupun yang semisalnya tidaklah haram”.

    Wal’iyadzu billah!!!

    Hizbut Tahrir berpendapat bahwa mencium wanita ajnabiyah (bukan mahram) adalah mubah tidak haram, sebagaimana dalam nusyrah jawab wa su’al no 24/Rabi’ul Awwal/1390 atau 29/5/1970M.

    Sebagaimana HT juga membolehkan salaman/jabat tangan antar lawan jenis dengan syarat tanpa adanya nafsu sebagaimana diulas TKHI diantara Syamsuddin Ramadhan dalam situs Hayatulislam.

    Astagfirullahal Adhim…
    Mungkin saja anda berpendapat hal tsb adalah fitnah..
    Atau anda akan mungkir, dengan menyatakan bahwa HT tidak berpendapat demikian dan ini adalah kebohongan… maka saya jawab, berarti anda berdusta atau menyembunyikan kebenaran. Karena Umar Bakri Muhammad mantan mufti HT (he..he.. smpai ada mantan mufti HT) sendiri menyatakan bahwa fatwa di atas adalah memang pendapat HT, kemudian Umar Bakri menolaknya dan membantahnya, bahkan ia keluar dari HT dan membentuk sempalannya yang bernama al-Muhajirun. Berhijrah dari negeri kaum muslimin ke negeri kaafir. Namun anehnya, sebagian anggota hizb lainnya masih berpegang dengannya sebagaimana mereka berpegang terhadap pendapat Abdurrohman al-Baghdadi (yang ini mungkin mas Satrio kenal) yang dikeluarkan secara resmi dari HT.

    Jika anda mengatakan, o… itu adalah qoul qodim HT, qoul jadid HT menyatakan bahwa fatwa di atas mansukh, maka saya katakan : Berikan bayan dan bukti tentang dimansukh-kannya fatwa HT di atas.

    sadarlah kalian wahai HT-ers.

  72. perhatian.. blog2 syabab HTI yg memuat pembahasan bolehnya melihat/menonton gambar/video pornografinya tiba2 saja semua dihapus, padahal mereka sebelumnya keukeh bhw melihat gambar aurat tidak sama dengan melihat aurat secara langsung..wallahul musta’an.

  73. Saya mau tanya ke pengelola terkait kalimat “…HT akan disiksa lebih lama daripada teman-teman yang di Muhammadiyah misalnya”, untuk HT saya sudah pahami alasan kenapa ia nanti disiksa, tapi untuk kata (organisasi) Muhammadiyah, ini hanya perbandingan kelompok saja dan dipilih secara asal atau mas pengelola juga beralasan (syar’i) bahwa anggota2 Muhammadiyah ini akan masuk neraka, terima kasih sebelumnya atas tanggapannya..

  74. @Ariwan yang dikasihi Allah,
    Muhammadiyah itu unik, ada yang moderat, ada yang liberal, namun ada juga yang kaku dan tegas dalam sunnah (dzahiry), makanya orang muhammadiyah ada yang pro liberal, ada yang pro HT, ada yang pro salafy, ada yang pro tarbiyah, dsb.

  75. Ai lop yu pull komaht, barokallohu alaikum…

  76. Sutan Syahrirsyah

    blog bodohhh

  77. aslm. Aduh ini blog nggak ilmiah pembahasannya. Seharusnya klo mw bahas ideologinya ya dikaji kitab-kitabnya. Klo hanya memaparkan wacana dari narasumber ya blum bisa dikatakan ilmiah artikel ini. Artikel sebelumnya ttg Qada’ & Qadar aja meleset dari kitab HT.

  78. SUDAH, JANGAN DITANGGAPI LAGI KOMENTARNYA AKHI… KITA SEKARANG LEBIH FOKUS PADA PENERAPAN KHILAFAH. TIDAK USAH TANGGAPI BLOG BUATAN ANAK JIL INI… BUAT PEMILIK BLOG…. SABARLAH HINGGA KHILAFAH BERDIRI…. INSYA ALLAH… KONFERENSI TOKOH UMMAT BERGULIR SANGAT DAHSYAT MENERJANG SEMUA KEMUSTAHILAN YANG DIFIKIRKAN ORANG2 MUNAFIQ… SALAM HANGAT.. :-)

    • @Saudara Harifin Naba yg baik hati, tdk sombong, dan suka menabung
      Bgmn caranya HTI mau mendirikan khilafah? Apakah dengan cara demonstrasi dan menggulirkan kekuasaan pemimpin?

  79. @Harifin Naba yang dikasihi Allah,
    Hanya karena urusan kekuasaan antum mudah sekali mengeluarkan tuduhan munafiq, apakah kaum muslimin yang mengatakan “mustahil jika saat-saat ini bisa berdiri khilafah ala manhaj nubuwwah” langsung antum masukkan dalam kategori munafiq ?
    Innalillahi wa inna ilaihi raji’un.

  80. mohon komentar ilmiah dari syabab HTI sesuai tema yg sdg dibahas, silahkan kemukakan hujjah antm kl antm punya hujjah. dan terimalah alhaq jikalau telah terang walaupun terasa pahit.. jgn bisanya menjudge Jil, agen yahudi, pemecah belah ummat dll krn itu hanya akan menampakkan watak syabab HTI yg tdk sesuai adab Islam

  81. Logika yg kurang tepat yg selalu dilontarkan Syabab HT:
    – Menganggap mereka yg mengggunakan demokrasi sbg wasilah dgn sebutan antek demokrasi, penentang syariah dsb.
    – Menganggap yg tidak ikut2an dakwah Khilafah versi HT sebagai Munafiq, fasik, antek JIL, dsb.

  82. Assalamu’alaykum, Ya akh pengelola blog, teruslah istiqomah dengan kebenaran. Sungguh Nabi saw telah mengingatkan beberapa perkara kepada umatnya diantaranya adalah keteguhan dalam menyampaikan kebenaran walaupun dalam kondisi yang sulit sebagaimana diriwayatkan dari Abu Dzar Al-Ghifary , Rasulullah saw memerintahkannya dengan tujuh perkara, di antaranya,
    وَأَنْ أَقُوْلَ الْحَقَّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا
    “Dan hendaknya aku mengucapkan kebenaran walaupun itu pahit.” (HR.Ahmad 5/159,173 ) demikian juga perilaku para sahabat sebagaimana nasihat Hudzaifah bin Yaman ra kepada Abu Mas’ud ra

    اعْلَمْ أَنَّ الضَّلاَلَةَ حَقَّ الضَّلاَلَةِ أَنْ تَعْرِفَ مَا كُنْتَ تُنْكِرُ وَأَنْ تُنْكِرَ مَا كُنْتَ تَعْرِفُ وَإِيَّاكَ وَالتَّلَوُّنَ فَإِنَّ دِيْنَ اللهِ وَاحِدٌ
    “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kesesatan yang sebenarnya adalah kamu mengetahui apa yang dahulu kamu ingkari, dan kamu mengingkari apa yang dahulu kamu ketahui, dan berhati-hatilah terhadap (sikap) berubah-ubah dalam agama, karena sesungguhnya agama Allah itu satu.” (Diriwayatkan oleh Ma’mar bin Rasyid dalam Jami’ -nya sebagaimana di bagian akhir Mushannaf ‘Abdurrazzaq 11/249, Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 7/140, Al-Harits bin Abi Usamah dalam Al Musnad no. 470 ( Zawa`id Al-Haitsamy ), Al-Baihaqy 10/42, dan Al-Lalika`iy dalam Ushul I’tiqad Ahlis Sunnah Wal Jama’ah 1/90) .Saudaraku, teruslah jaga sikap kepada saudara muslim lainnya dengan lemah lembut sebagaimana pujian Rasulullah saw kepada sahabat Al-Asyajj ‘Abdul Qais,
    إِنَّ فِيْكَ خَصْلَتَيْنِ يُحِبُّهُمَا اللهُ الْحِلْمُ وَالْأَنَاةُ
    “Sesungguhnya pada engkau ada dua sifat yang dicintai oleh Allah, (yaitu) Al-Hilm (kebijaksanaan) dan Al Anah (tidak tergesa-gesa).” (HR. Muslim dari Ibnu ‘Abbas dan Abu Sa ’id Al Khudry) dalam lafazh lainnya Rasulullah saw bersabda,
    التَّأَنِّيْ مِنَ اللهِ وَالْعَجَلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ
    “(Sikap) pelan-pelan (tidak tergesa-gesa) itu dari Allah dan (sikap) tergesa-gesa itu dari syaithan.” (Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ahadits Ash-Shahihah no. 1795) Adapun nasehat ana kepada saudara2ku yang sedang terus berusaha meraih hidayah melalui diskusi di bolg yang isyaALLAH diberkahi ALLAh swt ini agar berusaha terus meluruskan niat hanya mencari kebenaran karena ALLAH swt , menjauhi sikap yang kasar, penuh kebencian dan sejenisnya hingga terhindar dari ciri-ciri manusia sombong sebagaimana pesan Rasulullah saw:
    Dari Abdullah bin Mas’ud ,Nabi bersabda :

    لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ. قاَلَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قَالَ: إِنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ، الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ
    “Tidak akan masuk surga siapa saja yang dalam kalbunya ada (walaupun) seberat semut kecil dari kesombongan.” Maka seseorang mengatakan: ‘Bahwa ada seseorang suka bila baju dan sandalnya bagus.” Nabi menjawab: “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.” [HR.Muslim, Kitab Al-Iman Bab Tahrimul Kibir wa Bayanuhu, no. 91] Selain menolak kebenaran merupakan salah satu ciri kesombongan maka bersikap kasar juga termasuk didalamnya sebagaimana sabda Nabi saw
    أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ
    “Maukah aku beritahukan kepada kalian siapa penghuni neraka?” Mereka menjawab, “Mau.” Beliau bersabda, “Setiap orang yang kasar, congkak dalam berjalan, dan sombong.” [HR. Al-Bukhari no. 9417 dan Muslim no. 2853] Allahu’alam

    • salam sejahtera, memang sangat pas anda sebagai penasehat karena yang anda tulis adalah sifat2 yang harus dimiliki setiap muslim meskipun nasehat anda tidak ada solusi

  83. org2 yg ber-MAZHAB ZAHIRI…

  84. HTI TAEK

  85. Saya tdk pernah melihat 0rang sejahat anda..! Anda memakan bangkai saudara anda sendiri..apa anda tdk menghargai syabab2 HT yg di tangkap,diasingkan,di aniaya,bahkan terbunuh untuk mencapai kemuliaan islam! Apakah anda masih tega menyebar fitnah atas ke-syahid an mereka?jgn menjudge seakan2 anda yg paling benar,ingat.. Kebenaran datangnya dari Allah!
    Sy sedih melihat pertikaian ini.. Qt mempertahankan eg0 masing2 tanpa berfikir ada yg hal yg lebih urgen dari hal inì!
    Mas pengel0la..sy ingin pertanyakan “APA NIAT ANDA DAN ANTEK2 ANDA MEMBUAT BLOG SEPERTI INI SEBENARNYA? Kalau seandainya untuk menyadarkan 0rang HT akan kekeliruannya..sungguh sudah sangat banyak mudharat yg anda timbulkan, BACA,RENUNGKAN,DAN LIHATLAH,,,BEGITU NAMPAK BLOG ANDA TELAH MEMECAH BELAH UMAT ISLAM”
    Sm0ga Allah meluruskan kita dalam persatuan!bukan perpecahan..
    Sy heran,apa untungnya bagi anda membuat bl0g ini?memang tema tentang islam telah habis?sehingga anda lebih memilih tema ini? Sungguh..masih banyak ilmu islam yg perlu qt gali.. Ingat HT s0dara kita.. Islam.. Jgn membuatnya seakan2 HT itu sesat..
    -kecuali kalian menyaksikan kekufuran yg nyata,sementara kalian mempunyai argumentasi yg kuat di sisi Allah tentang kekufuran itu (HR Muttafaq ‘alaih)
    Apakah mas merasa paling kuat argumentasinya di sisi Allah??
    -siapa saja yg mengkafirkan saudaranya,maka berbalik kepada salah satu diantara mereka (HR Ahmad)
    Mas..taukah kau nampak seperti hadis ini..dgn sikap anda..yg sangat menganggap anda yg paling benar!astagfirullah..
    -tidak halal bagi se0rang muslim,mener0r muslim yg lain (HR Ahmad,abu dawud,ath-thabrani)
    Mas..bl0g anda adalah ter0r terbesar yg pernah sy lihat..kekejaman yg luar biasa pada s0dara anda di HT! tunggu hari pembalasan.. Allah tidak luput dari apapun..!
    Astagfirullah..

  86. Pemilik Blok inI Bukan orang Wahabi / Salafy, ada ciri-ciri yang kurang untuk di sebut Wahabi.
    Sepertinya Pemilik Blok inI Bukan orang ISLAM karena ada ciri-ciri yang kurang untuk orang yang ber-Iman islam, meskipun KTP-nya islam.

    Yang Punya Blog ini PERUSAK MASA DEPAN DUNIA

    http://www.facebook.com/notes/heri-purnomo/kondisi-masyarakat-kritis/1803651789569

  87. Menanggapi pengelola komahti cukup COPY PASTE – COPY PASTE saja.

    Menanggapi pengelola komahti ini tidak perlu pake energi Emosi atau pikiran terlalu besar. karena pengelola komahti ini juga tidak pake otak (mikir). pengelola komahti sepertinya hanya orang-orang yang di bayar, kerjanya merusak saja.
    penjelasan sehebat apapun tidak mempengaruhi mereka.

  88. Menanggapi pengelola komahti cukup COPY PASTE – COPY PASTE saja.

    Menanggapi pengelola komahti ini tidak perlu pake energi Emosi atau pikiran terlalu besar. karena pengelola komahti ini juga tidak pake otak (mikir). pengelola komahti sepertinya hanya orang-orang yang di bayar, kerjanya merusak saja.
    penjelasan sehebat apapun tidak mempengaruhi mereka.

  89. yang penting rutin memberi komentar

  90. . Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu Karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu Telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
    (Qs.Al-Imran:103)

  91. @HERI yang dirahmati Allah,
    Sejak kapan HTI mengajarkan untuk berputus asa seperti itu ? Hidayah itu milik Allah, janganlah berputus asa dalam menda’wahi orang, siapa tahu suatu saat hidayah akan turun padanya, justru itulah yang saya peroleh selama saya berada di HTI dulu.

  92. ini pengelola blog tdk gentleman. katanya kalau menasihati sebaiknya ketemu langsung, knp anda tdk dtg sj ke kantor HTI dan menasehati? malah bikin blog tp tdk dg data yg jelas : nama siapa, alamat dimana.
    blog ini mirip selebaran gelap, tdk jelas siapa yg membuat, kpd siapa hrs konfirmasi, dll.
    jd nggak perlulah kita perhatikan “selebaran gelap” spt ini.
    sekian
    (maaf, mgkn sy cuma tulis komen ini sekali sj, stl itu tdk komen lg)

    • @ Abdullah,
      Undzur ma qola wa la tandzur man qola

    • lucu juga saudara Abdullah ini. berharap bisa seperti muhammad ali yang berstrategi ‘hit and run’. saya tidak tahu wujud anda dan saya juga tak tahu wujud saudara pengelolakomaht. akan tetapi dari paparan tulisan cukuplah bagi saya untuk menduga orang seperti apa saudara Abdullah, dan saudara-saudara hti juga orang seperti apa penngelolakomaht. saya bukan religius memang, tapi saya ingat suatu keterangan: “jangan lihat orangnya akan tetapi perhatikan ucapan (tulisannya).

      bagi saya saudara Abdullah sangat tampak seperti orang yang sangat frustasi pada saudara pengelolakomaht atas pemaparannya. saudara Abdullah menuduh tidak gentleman? terus orang yang ‘hit and run’ adalah gentleman? dan anda ingin kontak secara fisik dibanding kontak secara keilmuan yang ilmiah? jangan menambah makin terbuka boroknya hti yang mungkin anda sanjung puja itu.

      justru bagi saya yang berstatus netral, akan lebih menghargai jika pemikiran lawan/imbangi juga dengan pemikiran, dalil lawan/imbangi juga dengan dalil, fakta lawan/imbangi juga dengan fakta. apakah untuk suatu hadist saya harus konfirmasi langsung pada periwayatnya yang telah ratusan tahun wafat karena alasan visual? alangkah lucu bagi saya jika semisal fatalnya; kepada siapa saya konfirmasi bahwa islam itu benar-benar agama yang di ridhoi Allah SWT? kepada siapa saya konfirmasi bahwa sholat wajib itu 5 waktu? apakah harus ada kontak visual dulu dengan rasulullah?

      jika hti memang merasa besar dan benar, silahkan runtuhkan pemikiran/dalil/hadist yang disampaikan oleh saudara pengelolakomaht disini juga. biarkan umat yang menilai mana yang paling kuat keterangannya dan kesesuaiannya dengan perintah Allah dan rasulnya.

      silahkan dilanjut diskusi ilmiah objektifnya, dan Minal aidzin wal faidzin 1433H mohon maaf lahir batin untuk semuanya…

  93. saya rasa penjelasan dari blog ini sangat bagus.. saya dan teman-teman saya telah banyak mendapat pencerahan dari sini.. lanjutkan perjuangan anda pak pengelolakomaht.. insya Allah semakin banyak yg semakin tercerahkan :)

  94. 1. Mengenai Fachry Hamzah yang disebut-sebut oleh Sekjen Rokhmin menerima dana DKP, mengklarifikasi bahwa yayasannya yang bergerak di bidang riset disumbang oleh Rokhmin karena sering konsultasi dengan Fachry dan memberikan tugas-tugas penyusunan konsep

    Comment : menurut saya ini tidak masuk akal, karena kalau resmi departemen yang meng-hire konsultan pasti melalui SPK (Surat perjanjian Kerja), jika berasal dari dana non budget tentu ada yang fishy lah, kan tidak masuk akal rokhmin menyewa konsultan utuk DKP (untuk kepentingan) pake uang pribadi

    2. Sementara Pak Suswono secara pribadi pernah meminjam uang kepada Rokhmin sebesar Rp. 100 juta dan pinjaman itu sudah dilunasi kembali, anehnya catatan sekretaris Rokhmin tidak mencatat pengembalian itu.

    Comment : Lucu, jika pinjam ke pribadi rokhmin maka terserah rokhmin mau catat atau tidak, jika pinjamnya ke kas depatement maka itu yang bermasalah, karena setiap peminjaman oleh SKPD (jika di daerah) harus diketahui DPRD, jika nasional harusnya diketahui DPR. Jika PKS menerima pinjaman dari department secara pribadi tentu juga fishy, pinjaman yang tidak sah (rokhmin meminjamkan uang yang bukan miliknya) dan PKS mau???

    3. Hasil Tim Investigasi yang dibentuk PKS sementara menyimpulkan bahwa beberapa pribadi yang menjadi pengurus yayasan, yang mengelola kelompok tani, nelayan dan mengadakan acara-acara baksos pernah mengajukan proposal (secara perseorangan) yang mungkin diidentifikasi sebagai kader PKS, mereka disumbang Rokhmin. Ada yang menyatakan, waktu disumbang tidak etis menanyakan sumber dana. Catatan sekretaris DKP tidak jelas keakuratannya. Jadi harus ditegaskan dengan gamblang dan dibuktikan di pengadilan kebenarannya….

    Comment : Yayasan PKS mau disumbang dari dana yang tidak jelas halal dan haramnya? Ini juga fishy

  95. Harusnya komunitas ini namanya dganti jadi : “KOMUNITAS ORANG2 BODOH” krn PENULISNYA BODOH2..ndak punya ilmu..TOLOL SMUA..

  96. sepakat bgt sy ma antum..bener bgt ht sering bersilaturahim ke berbagai departrmen..sy liat foto2nya di majalah nya Al-Waie n media umat itu bener adanya..ga kyk yg punya blog ini..bagaikan katak dalam tempurung..pengecut abis,sy udh usulkan berbulan2 yg lalu agar yg punya blog ini untk dskusi scara terbuka,eh malah alesan yg dibuat2…hehehe :D

  97. sampai kapan pun umat islam di indonesia tidak akan bersatu kalau yang mereka bela bukan satu kata tapi organisasi,,,disinilah ego setiap orang yang merasa dirinya baik bukan saya sok pintar saya tau kalian lebih pintar dan lebih tau dari saya tapi apa kah kalian lupa akan hadis rosul yang menyata kan bahwa umat islam itu sodara????
    tapi kenapa kalian selalu menjelek jelekan sodara muslim yang menurut kalian itu tidak sesuai dengan pendapat kalian,,,apakah rosul tidak mengajarkan kepada kalian untuk ber ( BERMUSYAWARAH),,atau kah ber ijtihad,,,,,
    apakah ini cara umat islam menyampaikan pendapat yang berbeda?
    cobalah rapat kan barisan , shaf kalian dalam salat agar alloh swt selalu melindungi kalian “Tegakkanlah (luruskanlah) shaf-shaf kalian (3 kali). Demi Allah sungguh hendaknya kalian luruskan shaf-shaf atau (kalau tidak) niscaya Allah benar-benar akan mencerai beraikan hati-hati kalian.” (H.R Abu Dawud no. 662, Ahmad 4/276)
    tinggalkan kata ORGANISASI kalau hyanya BUAT KALIAN MENJADI CERAI BERAI yuk mari tegak kan kata Asy-Hadu alla ilaaha illallaah, wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullah,,,,

    • ITU LEBIH BAIK BAGI KALIAN!!!!!!!

      • @mas naufal : Makanya..sy sudah saranin yg punya blog ini, agar bersikap lebih dewasa lagi,supaya face to face dipertemukan n didiskusikan artikel2 yg dibuat oleh yg punya blog ini di depan publik dalam 1 kajian, duduk bersama, silaturahmi..jd byar masalahnya clear…sy rasa insyaAllah pihak HT akan selalu terbuka menyambut saudaranya..toh alamatnya sudah jelas tersebar :)

  98. itu lebih baik bagi kalian!!

  99. @asna : ketemuan langsung kan sudah bu…. itu ada rekamannya…. silahkan di download…
    @naufal : Kalo ada saudara kita yang berbuat keliru ya wajib kita ingatkan semampu kita, adapun hidayah milik Allah semata.

    • iya itu sangat bagus,,,
      saya juga setuju kalaw harus di ingat kan apa bila saudara kita ada salah pemahaman apa lagi kalau sudah menyimpang dari agama alloh tapi jangan sampai kita terbawa arus yang hanya membawa kepada nafsu,,,,yang akhir nya kita malah males dan jengkel sama dia,dan ujung ujung nya malah perang kata” yang tidak seharus nya kita keluarkan,,,atau lebih dari itu,,
      ayo lah saudara ku jangan kalian saling menghina begitu,,kalian itu satu akidah apa kah tidak bisa hanya dengan satu pertemuan musyawaroh ??? mau sampai kapan kalian begini eum,,,kalau misal kan kalian tidak suka ( tdk sependapat ) dengan seseorang jangan di belakang tapi coba bicarakan ( selsaikan ) secara musyawaroh,,,,itu kan yang di ajarkan rosul pada kita??? selaku umat nya,,,,,,

      semoga alloh swt membuka pintu hati kita semua agaar selalu ada dalam kasih sayang yang menyelimuti aqidah dalam satu keridoan illahi,,,,amiinnn

    • Face To Face aja byar masalahnya cepet beres..sy pengen liat bagaimana anda bertemu n diskusi disaksikan sama khalayak ramai…dari dulu udah disaranin, klo gak berani bilang aja..ga usah malu.. ^^

      • nah kalo beginih coba silahkan kepada semua yang bersangkutan datang ke pertemuan ( musyawaroh ini ) agar semuanya cepat selsai jangan kalian terus berbelit belit dalam masalah ini ,,kita tuh harus bersatu,,,,bukan nya seperti ini siapa yang berani coba semua datang dengan kepala dingin untuk menyelseikan masalah ingat jangan mencari untuk mana yang benar menurut organisasi kalian tapi yang benar menurut agama dan ingat didalam organisasi pasti ada kelebihan dan kekuranghan nya,,,,,kita umat islam harus seperti suami istri ,,,yang saling mengisi dalam ke kosongan,,,saling mengingatkan apa bila ada kesalahan saling memberi dalam kekurangan,,

      • @asna yang dikasihi Allah,
        Sudah diupayakan oleh rekan kami dan sudah diupload mp3 nya, tafadhal di download, barakallahufik

  100. @ naufal: amiin, semoga kita dimudahkan Allah dalam ikhtiar kita menasehatinya.

  101. kalau mau jujur yaa. web-web yang dikelola oleh syabab HT lebih banyak fitnah dan gibahnya terhadapa harakah lain..sampai tidak merasa malu menyebutkan jama’ah-jama’ah kaum muslimin yang dituduhnya tanpa tabayun. dan ketika ada web yang menyinggung mereka dengan hujjah justru di caci, di fitnah lagi sebagai antek yahudi, JIL. saya khawatir dengan virus takfir ala manhaj HT(coba baca buku resminya ” manhaj Hizb at tahrir fii taghyir” ) merasuki kaum muslimin sehingga bukan mengedepankan ukhuwah justru saling menuduh.

  102. Mudah mengkafirkan menandakan sangat dangkalnya ilmu…..

  103. admin ….anda benar benar menyesatkan…..memecah belah umat…..musuh kita tu bukan sesama muslim….tapi orng kafir…jk anda memusuhi sesama muslim….berarti anda masuk barisan kafir…..

  104. @ Tirto yang diberkahi Allah,
    Hindarilah kata-kata ‘menyesatkan’ saudaraku, kalo memang tulisan saya ada yang keliru silahkan diluruskan insyaAllah saya akan coba jawab dengan cara yang baik sehingga kita bisa bercengkerama dengan asyik dan penuh kekeluargaan sebagai sesama muslim.
    Kita harus akui manusia pasti banyak berbeda dan banyak salah serta dosa, namun kita harus berlatih mengkomunikasikan perbedaan itu dengan baik dan santun. Dengan berdiskusi itulah kita berharap hidayah akan turun kepada kita.
    Wallahu ta’ala a’lam

  105. jangan tanyakan siapa yang lebih baik dan lebih buruk, kelompok mana yang lebih baik dan lebih buruk, apalagi sampai fitnah memfitnah akibat dari ketidakpahaman. diskusi boleh, namun alangkah baiknya bila dilakukan di forum resmi agar tidak terjadi debat kusir yang menjurus pada pertengkaran dan perpecahan umat ini. hal ini akan memperparah keterpurukan umat, akibatnya umat ini akan menjadi santapan lezat para musuh. inilah sebenarnya yang diinginkan oleh para musuh2 Islam.

    apapun harakahnya dan organisasinya, kita harus tetap satu kata yaitu MENUJU KEBANGKITAN ISLAM yang sudah dijanjikan-Nya (Khilafah a’la manhaj nubuwwah). jangan jadikan perbedaan diantara kita sebagai landasan untuk saling membenci satu sama lain. sampai kapanpun, kebangkitan Islam itu takkan pernah terjadi apabila Umat Muslim itu sendiri berpecah belah dan saling bertengkar satu sama lain. kebangkitan Islam takkan terjadi selama umat Islam itu sendiri tidak bersatu.

    intinya, saya ingin mengataikan bahwa tujuan kita haruslah sama tetapi kendaraan (metode) boleh berbeda dgn catatan metode yang digunakan itu diperbolehkan oleh Syariat. apabila ada seseorang yang melenceng dari tujuan semula, maka wajiblah kita ingatkan tentunya dengan peringatan yang baik pula.

    sekali lagi tolong jangan tanyakan siapa yang lebih baik dan lebih benar, tetapi tanyakan sudah berbuat apakah saya untuk kebangkitan Islam…?
    janganlah menyibukkan diri untuk mengumbar aib sesama muslim, tetapi sibukkanlah dirimu untuk meraih kejayaan Islam…!!!

    mohon maaf bila ada yang salah dgn perkataan saya.
    salam ukhuwah….

  106. Wah ♏♏♏ªªªªñÑñŦŦŦŦªªªªªbbbbbbbb. Nhe blog, tapi ternyata semua haraqah islam itu sesat,,ampe ada yang mengatakan agama islam juga agama sesat

  107. legowo…

  108. Apakah Mungkin Persatuan Terwujud Bersamaan Dengan Berbeda-Bedanya Manhaj Dan Aqidah?
    Minggu, 21 Mei 2006 12:40:15 WIB

    APAKAH MUNGKIN PERSATUAN ITU (AKAN TERWUJUD) BERSAMAAN DENGAN BERBEDA-BEDANYA MANHAJ DAN AQIDAH?

    Oleh
    Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan

    Pertanyaan
    Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan ditanya : Apakah mungkin persatuan itu (akan terwujud) bersamaan dengan berbeda-bedanya Manhaj dan Akidah ?

    Jawaban.
    Persatuan tidak akan terwujud bersamaan dengan (adanya berbagai kelompok) yang memiliki bermacam-macam manhaj dan akidah, sebaik-baik bukti akan hal itu adalah: Keadaan bangsa Arab sebelum diutusnya Rasul shalallahu ‘alaihi wasallam, di mana mereka saat itu berpecah-belah dan saling bertengkar, maka setelah mereka masuk Islam dan berada di bawah bendera tauhid, akidah dan manhajnya menjadi, maka bersatulah mereka, dan berdiri tegaklah daulahnya.

    Sungguh Allah Ta’ala mengingatkan tentang hal itu dengan firman-Nya.

    “Artinya : Dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara.”[Ali Imran:103]

    Dan Allah Ta’ala berfirman kepada Nabi-Nya shalallahu ‘alaihi wasallam.

    “Artinya : Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak bisa mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah akan mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Al-Anfal: 63]

    Allah Ta’ala selama-lamanya tidak akan menyatukan antara hati orang-orang kafir, murtad dan firqah-firqah (kelompok-kelompok) sesat [1], Allah hanya menyatukan hati orang-orang mukmin yang bertauhid. Allah Ta’ala berfirman mengenai orang-orang kafir dan munafik yang menyelisihi manhaj Islam dan akidahnya.

    “Artinya : Kamu kira mereka itu bersatu, sedang hati mereka berpecah-pelah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka itu adalah kaum yang tidak mengerti.” [Al-Hasyr : 14]

    Dan firman-Nya.

    “Artinya : Dan mereka senantiasa berselisih pendapat, kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Rabbmu.” [Hud : 118]

    “Kecuali orang-orang yang diberi rahmat Rabbmu”, mereka itu ialah orang-orang yang memiliki akidah yang benar dan manhaj yang benar, maka mereka itulah orang-orang yang selamat dari perselisihan dan perpecahan.

    Adapun orang-orang yang berusaha menyatukan umat, padahal akidahnya masih rusak, manhajnya bermacam-macam dan berbeda-beda, maka itu adalah (upaya) yang mustahil terwujud, karena sesungguhnya menyatukan dua hal yang berlawanan itu adalah hal yang mustahil.

    Karena tidak bisa menyatukan hati dan menyatukan umat ini, kecuali kalimat tauhid [2], yang dimengerti makna-maknanya, diamalkan kandungannya secara lahir dan batin, bukan hanya sekedar mengucapkannya, sedang pada sisi yang lain masih mau menyelisihi apa yang menjadi tuntutannya. Maka sesungguhnya ketika itu kalimat tauhid ini tidak akan ada manfaatnya.

    [Disalin dari kitab Al-Ajwibatu Al-Mufiah ?An-As-ilah Al-Manahij Al-Jadidah, edisi Indonesia Menepis Penyimpangan Manhaj Dakwah II, Pengumpul Risalah Abu Abdillah Jamal bin Farihan Al-Haritsi, Penerjemah Muhaimin, Penerbit Yayasan Al-Madinah]
    _________
    Foote Note
    [1]. Keadaan firqah-firqah dan hizb-hizb (golongan-golongan yang menyimpang) yang ada di muka bumi saat ini -sebagaimana dikatakan adalah merupakan saksi dan menjadi bukti yang paling nyata, karena mereka berbeda-beda dalam memahami Al-Kitab (Al-Qur’an), dan berbeda-beda dalam mengamalkannya, serta mereka menyelisihi Al-Kitab. Apabila hati manusia itu sepakat dan saling mengenal maka akan menyatu, dan demikian pula sebaliknya.

    Sebagaimana Rasulullah menyebutkannya dalam hadits shahih bahwa beliau bersabda.

    “Artinya : Ruh-ruh adalah pasukan tentara maka yang saling mengenal akan bergabung dan yang saling mengingkari akan berselisih.” [HR. Al-Bukhari: 3158]
    [2]. Orang-orang yang berusaha menyatukan umat manusia bersamaan dengan rusaknya akidah dan manhaj (berbagai kelompok) yang berbeda-beda itu -sebagai contoh saja bukan hanya terbatas pada contoh ini- pada jaman kita ini adalah firqah Ikhwanul Muslimin (IM) di mana mereka berusaha menyatukan barisan-barisannya yang terdiri dari Rafidhah, Jahmiyyah, Asy’ariyah, Khawarij, Mu’tazilah. Bahkan orang-orang Nasrani pun bisa masuk pada barisan mereka, maka janganlah engkau lupakan perkara yang sangat nyata ini. Wahai para pembaca yang budiman, telah kita lewati ucapan-ucapan beberapa ahli ilmu (ulama) mengenai mereka ini dalam sela-sela kitab ini. Yang kesimpulannya merka (IM) tidak mementingkan dakwah tauhid dan tidak berhati-hati dan memperingatkan kesyirikan. Dan ini adalah meruapan sifat (ciri-ciri) khusus yang dimiliki oleh ‘firqah tabligh’ pula. Karena Ikhwanul Muslimin, Quthbiyyah (pengikut Sayyid Quthub) tidaklah jauh berbeda dari firqah tablih ini.

  109. Assalamualaykum. Akhi admin.
    Ana fauzul dr padang, sumbar.
    Ana mw minta nomor hp akhi, boleh?
    Tlg krm no akhi ke no ana 085363373881.
    Ana mw kenal dekat dg akhi untuk tw jawaban dr syubhat2 HT, syukron.
    Jakallah khoir.

  110. @ fauzul yang diberkahi Allah,
    Sebaiknya antum kirim masalah antum via email dulu akhy (pengelolakomaht@yahoo.co.id), kalo memang nanti dipandang penting untuk dibahas via ponsel maka akan saya kirimi antum nomor ponsel ana. Afwan hal ini hanya untuk menjaga supaya kejadian lama tidak terulang kembali.

  111. mungkin yang kurang tepat itu ketika kita menyampaikan pada umat bahwa dengan ada nya khilafah semua masalah akan terselesaikan, sehingga umat berharap pada khilafah bukan pada Allah. Padahal dengan adanya khilafah belum tentu umat akan aman dan sejahtera. mungkin yang tepat itu ketika kita menyampaikan bahwa dalam segala kesulitan, baik dalam naungan khilafah atau pun tidak, kita harus selalu menentang segala bentuk kezholiman, serta menjalankan syariat semaksimal mungkin. hanya saja syariat hanya bisa tegak secara sempurna bila islam tidak diaplikasikan dalam bentuk kepemimpinan dalam satu imam. oleh karena itu lah semua umat islam wajib menginginkan tegaknya kepemimpinan dalam satu imam, karena ingin islam tegak secara sempurna, bukan karna ingin hidup sejahtera, makmur, aman, dll. karna hal itu semua hanyalah bonus dari Allah karena telah menegakkan syariah… wallahu a’lam

  112. mas pengelola koma HT dalam berargumen tentu landasannya qur’an, sunnah, ijma, dan qiyas. tapi kadang kala saya mengamati mas pengelola koma HT sering menggunakan mazhab tertentu dalam berargumen, yaitu sering memakai MAZHAB ZAHIRI (ahlu zahir) yang idenya menolak penegakan syari’ah dan khilafah…nah gimana tanggapan mas pengelola koma HT ini?.tentu tanggapan ttg bgm pandangan mas pengelola HT ttg mazhab zahiri/ahlu zahir.
    perkenalkan saya anggota HT (aktif).

  113. @ erwin yg dikasihi Allah,
    Dalam berargumen dzahiri mengedepankan hujjatain (al Qur’an dan as Sunnah) namun mengesampingkan qiyas yang sifatnya menyimpang dari nash. Adapun Ijma’ maka hal itu masuk bagian dari as Sunnah karena adanya amr dari Nabi untuk berhukum dari ijma’ shahabat khususnya khulafaur rasyidin al mahdiyin. Sedangkan qiyas yang berlebihan itu tidak memiliki dasar dari Nabi yang memperbolehkan untuk melakukan itu.
    Mengenai penegakan syariah maka tidak ada satupun yang menolak itu kecuali zindiq, namun lain soal dengan menolak khilafah versi kelompok tertentu yang menyelisihi khilafah versi Nabi dan versi khulafaur rasyidin, karena khilafah seperti merekalah yang disunnahkan, adapun khilafah model selain itu tidak wajib dan tidak pula haram karena akan ditimbang dari sisi maslahat dan madharat bagi ummat dengan syarat tidak menyimpang terlalu jauh dari khilafah Nabi dan khulafaur rasyidin.
    Wallahu ta’ala a’lam

  114. mas2 tulisanya kok lucu….

  115. @fira
    iya, setuju…
    tapi yg ada disini, jgn terlalu percaya jg…
    krn Siap penulis jg keliatan….

    Pa lagi yg ngasih sarana web’nya Terlalu Menonjolkan sisi Identitas yg Ga Produktif (Ga bermanfaat)…..

    Ngapain coba pakai nama Mantan2an segala, Lebih Ada tendensi Kebencian daripd Tendensi Muhasabah…..

    dan lagi, @pengelola klw berbeda pemahaman bbrp ide dg HT,
    apa Semua ide HT Salah ?!

    Butuh pertanggungjawaban dan Bukti detail terhadap semua ide HT….

  116. @ yeye: alhamdulillah…
    @fira : tidak semua ide HT salah, hanya beberapa perkara ushul saja yang perlu diluruskan, tidak ada yang sempurna, saya berharap HT juga sadar bahwa mereka juga tidak sempurna.

    • @pengelola….
      saya setuju banget dg pdapat antum..
      Bagaimanapun, yg sempurna itu Al-Qur’an dan As-Sunnah…
      Jd, baik HT yg mjd objek atw @pengelola sbg Subjek di sini, Ga ada jaminan Sempurna…

      Tp jg,
      masalahnya,
      ternyata ada pendapat @pengelola itu
      hanya nyuplik 1 pargraf atw bbrp kalimat dari tulisannya HT
      trs @pengelola pahami sendiri…
      nah, ini yg saya ga Setuju…

      Sdh saya cek di bukunya HT,
      @pengelola, maaf,
      seperti “salah menafsirkan” maksud tulisannya HT itu..

      jd,manusia biasa mmg Ga Sempurna,
      tp Dalil Qur’an dan As-Sunnah yg Sempurna,
      insyaAlloh Mampu dipahami manusia..

      meski mgkn bgt berujung pd perbedaan…
      Tp seharusnya perbedaan yg ga 180o beda (pada dalil yg sama)…

      jd, mgkn pdapat @pengelola dan HT sbnere sama,
      tp krn @pengelola cuma “nyuplik2″ dan belajar ga langsung sama “yg buat”,
      jd terjadi miskom…

  117. wah wah ternyata blog ini bener bener penebar fitnah,kurang kerjaan…
    jangan jangan antek..
    musuh dalam selimut,serigala berbulu domba

  118. saya kmrn liat Info acara
    Tabligh Akbar bersama Ustadz Hari Moekti
    di Kampus ISI Yogyakarta”
    tadi malam,,,
    sayang Ga ikut…

    Tapi ada MP3 ceramah Ust. Hari Moekti,
    ternyata beliau mantan artis yg sekrg jd aktivis HT jg..

    stlh mndengar,
    bagus isinya.. Isi yg beliau sampekan berdasar apa yg diajarkn di ngajinya HT tentunya…

    MP3 bs diliat di Fb a.n Nur Siswanto

    bs nambah referensi menilai HT Sebenarnya

  119. assalamu’alaikum
    untuk saudara2ku yang dirahmati Allah SWT..
    tempo hari jari saya tersiram spiritus… terasa adem maknyes
    tapi pada saat yang lain saat tersiram spiritus lagi, terasa perih sekali
    setelah saya periksa ternyata ada luka disitu
    afwan bila oot
    semoga Allah SWT selalu mencurahkan hidayah kepada kita semua
    amien Allahuma amien
    wassalamu’alaikum

  120. @pengelola
    tanggapan (bhw anda ber mazhab dzahiri dan seorang penganut ahlu zhahir; jadi bukan HT, walaupun anda pernah di dalam HT), anda memberikan komen bhw mazhab dzahiri mengesampingkan qiyas yg anda anggap menyimpang dari nash. saya ingin bertanya kepada saudara pengelola: mana batasan qiyas yang berlebihan itu?, dimana posisi illat?, apakah ahlu zahir menolak total qiyas atau menerima sebagian?, seandainya menerima qiyas, maka qiyas yg mana yg diterima? ,apa kehujjahan qiyas?, apa syarat2 dan rukun qiyas?, apa syarat2 illat?, jenis2 illat?, perbedaan illat dg sabab?, perbedaan illat dg hikmah? . afwan kl pertanyaan bertubi2, ini tentu demi kebaikan islam, demi kebaikan kaum muslimin.
    Semoga kita selalu di selamatkan dari api fitnah, wallohu’a’lam.

  121. @ erwin yang dikasihi Allah,
    sebaiknya ditanyakan pada ahlinya, kebetulan saya bukan ahli dibidang itu, jika mau saya rekomendasikan untuk silahkan datang ke ma’had umar bin khathab, sugihan, lmg, Jatim (terbuka untuk umum).

  122. saya orang awam yang mau kasih analisa investigasi…

    ….dari nama nya saja blog ini pake nama : http://www.mantanht.wordpress.com….admin-nya : pengelolakomaht. pake singkatan: komaht. kalo di balik jadi htkoma. itu maksud tersirat….dari pemilihan user name adminnya senyata-nya benci partai ht. jadi ga pernah jadi orang ht. jadi pengakuan bahwa pernah ngaji di hate terbantahkan dengan tak sadar.

    di dalam hukum ilmu SEO, semakin banyak yang komen di blog ini maka peringkat blog ini di mesin pencarian google akan semakin naik / pagerank nya tinggi. ketikkan saja keyword : hizbut tahrir. maka yang nomor 2 muncul adalah blog ini. salute….
    melihat aktivitas admin yang selalu ol, hampir setiap hari, blog ini memang didesain dan konsen untuk mem-blacklist partai yang bernama ht. bukan untuk memberi kritikan konstruktif pada partai ht.
    so…sebenarnya blog ini milik siapa ???….

    saran :
    kalau mau blog ini tidak ber-pagerank tinggi, tidak perlu ada yang membuat komen.

    salam
    kakamiax

  123. Biasanya pengamat itu orang pinter, tapi kenapa pendapatnya seperti anak baru kemaren, cobalah ikuti dulu kajian2 HTI a-z saya yakin kalau orang cerdas belum sampai Z dah tertarik dengan HTI, mudah2an Allah
    selalu membukakan hidayah kepada orang2 yang tersesat. kajian HTI ga
    pernah menipu anak2 muda yang ada justru meluruskan anak muda agar meninggalkan tradisi Kafir Barat, yang merusak ummah dan Dunia. Wallahu alam

  124. semakin tinggi ilmu seorang pendekar | maka semakin males dia bertarung |

  125. Bismillah,
    Saya admin blog ini menawarkan barangkali ada ikhwah yang memiliki kenalan penerbit dan berminat menerbitkan isi blog ini baik keseluruhan maupun sebagian, baik utuh maupun dengan diedit terlebih dahulu, dapat menghubungi email pribadi saya di extralive@ymail.com atau no HP rekan saya di 081373441891 / 085624482272 (a.n. Yogi).

  126. saya coba cari fakta/ Bukti ttg Khilafah
    Bukti Video misalnya..
    Dan saya menemukan, Bukti yg
    membuat Sadar akan Pentingnya Khilafah
    sekaligus Sangat7 Sedih !!!! terhadap y menimpa Kaum Muslimin di dunia ;(:(; Betul2 Sadar dan sedihnya sampe
    Bikin sadar dg:
    *****Alloh memelihara dengan kekuasaan
    terhadap apa yg Tidak dpt dipelihara dg al-Qur’an”

    di YOUTUBE keyword: RINTIHAN UMAT ISLAM:

    :(;(:(

  127. Kembalikan niat coment anda pada hatimu msg2

  128. Menjaga keyakinan adalah wajib, sepanjang memiliki dasar yg kuat kebenarannya,
    Bukan kbnrn dg ukuran sndiri,
    Tapi lbh wajib lagi menghormati keyakinan org lain.
    Membela keyakinan adlh wajib,
    Tapi lbh wajib lg, tdk menyalahkan keyakinan org lain, apalai sampai membid’ahkan dan mengkafirkan.

  129. Selama kita muslim, maka sekecil apapun amal dan kontribusi kita akan bernilai di Allah Swt

  130. blog ini bukan meluruskan dakwah ala manhaj nubuwwah, tapi ……….mengadu domba alaaa yahudi kafiir.

  131. Podo kabeh,yen tak pikir2 bener Gus Dur,’GITU AJA KOK REPOT’ umbaren lak matek dw mas bro,d bahas g ono entheke percuma,ono sg ngaku islam,ono kafir,ono dhemit,malekat, wes gado2 pokoke,jare nike ardila panggung sandiwara hehehe

  132. Seorang muslim tdk boleh pengecut walau pedang sudah dekat lehernya. Jadi mas pengelola admin harus berani datang untuk berdiskusi face to face. Jika mengaku muslim loh. Kalo ngga ya perlu di pertanyakan ke musliman mas admin yg ganteng dan pintar lagi super cerdas.

  133. ini mah sdh jelas orang orang pks nih yang punya blog,,ketauan deh belangnya… coba aja cek lagi tulisannya

  134. Salam..

    Awalnya coba searching anak ajaib di youtube,
    tapi ga sengaja dapat Video Youtube yg Bagus, bagi qt kaum muslim
    yang memimpikan persatuan Hakiki dan Mengetahui Agenda Musuh Islam kpd qt…

    Jadi, Search sj di YOUTUBE dg keywrd:
    Non-Muslim memecah Muslimin utk cegah KHILAFAH
    atw

    Salam..

    yg Alloh sendiri membolehkan beda, jgn qt permasalahkan,
    dan
    yg Alloh haruskan sama, jgn malah qt biarkan/abaikan, apalagi dipermasalahkan !!!!

  135. HTI ??? gak deh …. omdo bisanya!!

  136. yang sering mengusik pikiran ana adalah, HTI terkesan “boros” dalam berdakwah. Melihat Konferensi Akbar yang diadakannya, sepertinya banyak mengeluarkan biaya yang semstinya bisa di hemat. panggungm visual audio megah, tempat, dll. Islamikah?

    • @Mirsha : klo jadi agenda rutin mingguan, jelas boros… :)
      silahkan lihat apa tujuan HT mengadakan kegiatan itu.

      barokallahu lanaa…

  137. nice blog..
    lumayan lah buat bahan introspeksi.. :)

    #syabab

  138. perubahan apanya? buang sampah aja ga ngerti tempat..
    ular yg melata ditanah bermimpi terbang dilangit seperti rajawali..
    pendidikan mayoritas SD aja udh aneh2..mau jadi apa nih negara!!
    ayam jg ketawa!!

  139. aku dah keluar masuk organisasi Islam di Indonesia.,masuk sini jelekik sana.,masuk sana jelekinsini.,wis ndak ada yang bener kabeh.

  140. mantan ht ini berlagak mau mengkoreksi pemikiran ht,tp tidak tahu menahu pemikiran ht…alias bodoh tp merasa pintar,hanya jd bahan ketawaan para syabab aja….

  141. Apakah nasihat yang mereka (komaht) dkk tuliskan buat kalian begitu menyesakkan dada kalian sehingga kalian memfitnah mereka-mereka yang memberi nasihat?
    Muslim yang menuduh wajib menghadirkan bukti dan muslim yang dituduh wajib bersumpah, demikian syariat Islam.

    Tapi kok kalian malah menuduh yang engak-enggak pada mereka yang memberi nasihat? Dibilang antek anu lah, antek itu lah, memecah belah lah, antek thogut lah, intelijenlah. Sungguh tuduhan tsb sangat zhalim, Padahal mereka tulus ikhlas memberikan nasehat kepadamu dan ini hanyalah bentuk nasehat kepada sesama muslim karena didasari perhatian dan kasih sayang

    Mencegah saudara sesama muslim dari perbuatan salah merupakan bukti wala’ (loyalitas) seorang muslim terhadap saudaranya, sebagaimana Allah sebutkan dalam firman-Nya yang artinya : “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lainnya. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar.” [At Taubah : 71]

    Perlu kiranya kalian tahu hadits Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam yang artinya: “Orang yang menuduh wajib memberikan bukti dan yang dituduh mengingkari dengan bersumpah” (HR Baihaqi);

    ingat saudaraku apa yang kalian tuduhkan harus engkau buktikan! Dan sekiranya mereka yang engkau tuduhkan itu telah bersumpah atas nama ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA bahwa apa yang kalian tuduhkan itu tidak benar. Maka engkau sebagai pihak penuduh harus bisa memberikan bukti yang kuat atas apa yang kalian tuduhkan,

    Hatu burhanakum in kuntum shodiqien. Sebab Jika tidak, berarti engkau telah melanggar syariat qada wa syahadah dalam Islam, atau apakah kalian masih awam dengan syariat qada wa syahadah? Sehingga begitu mudahnya engkau menuduh saudaramu sendiri tanpa mentabbayunin dulu? maka pelajarilah kembali Islam yang mulia ini.

    Rosululloh Salallahu Alaihi Wassalam telah bersabda yang artinya : “Siapa saja yang mengatakan kepada saudaranya ‘wahai orang kafir’, maka akan kembali (kalimat tersebut) kepada salah satu dari mereka berdua.” (HR. Bukhori no 6103 dan Muslim no 60)

    Saudariku silahkan di buktikan apa yang engkau tuduhkan (yang merasa pernah menuduh bahwa pemilik blog ini, antek anu antek itu),, sebab jika tidak bisa engkau buktikan mohon maaflah atas khilaf yang telah engkau lakukan.

  142. subhanallah…ini namanya persaudaraan. saling menasehati, asal diperhatikan aja kata2nya. jangan sesama muslim saling berkata kasar dan menghujat. soal siapa yang bener atau yang salah, ntar itu mah pas di yaumul hisab. pas di “absen” sama Allah, kita lihat aja siapa yg bener dan siapa yg suka bohong dan siapa yang seneng membuat permusuhan. bagi yang sudah merasa salah, ya buru2 aja bertobat sebelum hari penghisaban itu datang.

  143. pak komma minta no nya donkk,,nii email sayaa i.fillah@yahoo.com

  144. wah masih aktif blognya :)

  145. INALILLAHI’ WA’ INA ILAIHI ROOJIUUN…

  146. betul sudah saya saksikan sendiri gimana media ht itu menebarkan berita tanpa tabayun. saya mengikuti 3 fanpage ht di facebook. 1. voa-islam.com, 2. halaqoh online 3. fanpage resmi hti. ketiganya berkarakter sama. suka menjatuhkan lembaga islam hanya karena perbedaan ijtihad dalam kasus parlemen. saya pikir itu baru2 ini aja terjadi, tapi setelah saya kesasar di blog ini, saya jadi tau, ternyata karakter mereka yang satu ini udah terbentuk sejak lama.
    maaf bukan utk menjatuhkan hti, tapi ini hasil pengamatan saya aja.
    walllahu’alam.

  147. Jika anda seorg mu’min yg benar tdk mgkn ada embel2 mantan hti. Hrs disadari bhw tdk ada organisasi yg sempurna. Jika ada yg trs berjuang utk penegàkkan syariat maka itulah kelompok yg benar. Nah pks atau hti yg ttp utk itu ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s